Mi A1, Ponsel Xiaomi dengan OS Android murni

Xiaomi meluncurkan ponsel yang sangat berbeda dengan kebiasaan Xiaomi, walau dari sisi harga masih Xiaomi banget.

Xiaomi, asalnya merupakan perusahaan yang mengeluarkan custom android dengan nama MIUI. Akhirnya memang lalu membuat ponsel sendiri dan sukses namun tentunya Xiaomi tidak melupakan bahwa awal adanya Xiaomi adalah karena custom OS itu.

Kemudian menarik ketika Xiaomi bekerjasama dengan Google untuk memproduksi ponsel yang tidak menggunakan custom Android MIUI. Ya, Mi A1 yang baru saja diluncurkan menggunakan stock Android dengan program Android One nya. Android One adalah standar perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan Google untuk mengendalikan pengembangan dan perancangan perangkat sambil membiarkan produksi ponselnya ke produsen mitra di setiap negara.

Beberapa waktu ini memang Xiaomi mengalami perubahan kebijakan yang tidak biasanya. Selain memang jenis produk selain ponsel yang semakin banyak. Dari sisi bisnis ponsel nya, Xiaomi sekarang membuka toko fisik, dari yang awalnya menolak juga akhirnya mempunyai brand ambasador. Sekarang malah meninggalkan MIUI-nya dan bekerjasama dengan Google.

Mi A1 sendiri berisi Prosesor Qualcomm Snapdragon 625, Dual Camera masing-masing 12MP, baterai 3080mAh, layar 5.5-inch curved glass display, RAM 4GB, dan 64GB internal storage. OS nya pure Android yang merupakan syarat untuk program Android One. Xiaomi menjanjikan pengalaman “stok Android”, tanpa perangkat lunak mana pun ditambahkan oleh Xiaomi.

Harga ketika diluncurkan di India adalah INR 14.999 ($ 234/Rp 3,2 juta), namun Xiaomi telah mengungkapkan bahwa akan juga meluncurkan Mi A1 di lebih dari 40 pasar di seluruh dunia, termasuk Indonesia, Vietnam, Rusia, Polandia, Hong Kong, Taiwan, Ukraina, dan Meksiko.

Menurut saya sih ini bakal menarik banget bagaimana pasar akan menerima ponsel Android One dari Xiaomi ini. Kalau saya sendiri ingin mencoba ketika nanti sudah dirilis. Bagaimana menurut kamu? Mention saya di Twitter.

Tinggalkan Balasan