Review Jabra Move, suara bagus, nyaman dipakai

 

Headphone ini saya kenal dari website rekomendasi The Wirecutter. The Wirecutter mengatakan Jabra Move ini merupakan “The Best Wireless Bluetooth Headphone”

The Best Wireless Bluetooth Headphones

1More MK802: In our tests the highs on the MK802 were peaked, and as a result consonants were piercing. You can get an app that allows you to EQ the sound, but it requires loading your music into the app, and the app’s organization is confusing.

Thanks to its price-defying sound quality and comfortable fit, this pair beat out headphones that cost twice as much for the second year running. It’s also solidly built, easy to operate, and backed by a one-year warranty.

Memang situs rekomendasi terkadang juga tidak valid, lalu saya membandingkan dengan review dari Amazon. Di Amazon rata-rata mengatakan untuk kualitas suara yang dihasilkan memang terbaik dengan harga yang ditawarkan. Minusnya adalah kualitas fisik terutama pada bagian pads nya yang mudah rusak terkelupas.

Namun untuk seluruh rating dengan bintang 4 saya rasa sudah bagus, jadi layak beli.

Lagi pula ada review terakhir yang mengatakan bahwa diproduksi terbaru Jabra sudah memperbaiki kualitas pads nya.

Packaging

Dalam packaging Jabra Move ini tersedia headphone itu sendiri, kitab-kitab termasuk kartu garansi resmi, kabel male to male audio 3.5mm, kabel USB to mini USB.

Fisik

Ada tiga warna yang tersedia, Black, Gold, Blue dan Red.

Kebetulan saya dapat yang gold. Sebenarnya pengen yang black, tapi sayang sudah habis. Maklum diskonan.

Secara fisik sih memang cakep. Simpel, ringan, pads nya empuk.

Disebelah kiri ada tombol volume dan tombol untuk play/pause atau tombol menerima panggilan masuk.

Selain itu juga ada colokan untuk memasukkan kabel audio 3.5mm standar apabila baterai habis sehingga tidak bisa menggunakan koneksi bluetooth.

Di sebelah kanan ada tombol power untuk menyalakan headphone ini. Lalu ada led notifikasi untuk menandakan apakah headphone ini dalam keadaan menyala, tersambung koneksi bluetooth, sedang habis baterai, dan ketika charge untuk mengetahui apakah sudah penuh atau belum.

Nah untuk pengisian dayanya ada port disamping tombol power tadi. Menggunakan port micro USB.

Tumpuan atas yang empuk ini terdiri dari bahan kain sintetis yang bertekstur.

Pads nya empuk. Walau dibeberapa review ada yang mengeluh pads ini mudah terkelupas pada bagian yang terdekat dengan speaker nya karena lemahnya perekat diantaranya.

Namun semoga itu tidak terjadi pada unit saya. Anggap aja mendapat produksi yang sudah diperbaiki.

Bila terjadipun berharap masih sebelum satu tahun sehingga masih bisa diklaim garansi.

Mungkin yang sedikit mengganggu pada bagian fisik adalah kabel hitam ini. Saya berharap kabel ini bisa disamarkan dengan ditutup oleh sesuatu, atau habis kabel nya jangan melengkung begitu namun masuk ke bagian atas. Oh iya, bagian ini pula yang bisa ditarik keatas untuk posisi atas yang seusai dengan ukuran kepala kita. Karena itu alasan kenapa ada kabel melengkung begitu.

Fitur

Fitur yang diunggulkan dari Jabra Move ini adalah:

  1. Ada tombol untuk pengaturan musik dan panggilan telp
  2. Ada koneksi kabel bila baterai habis.
    Jadi tidak perlu takut headphone tidak bisa dipakai bila kita lupa untuk melakukan charge sebelumnya
  3. Baterai tahan lama, 8 jam mendengarkan musik dan 12 hari standby. Menurut pengalaman saya pakai untuk perjalanan komuter saya Jogja-Solo PP yang berdurasi 1 jam 15 menit, baterai bisa bertahan 4–5 hari, jadi saya rasa betul dengan apa yang ditampilkan oleh Jabra

Mengusung teknologi bluetooth versi 4 yang mempunyai keunggulan kebutuhan daya yang rendah namun dengan jangkauan yang lebih jauh dan kecepatan transfer yang lebih cepat.

Kualitas Suara

Kualitas suara sendiri khas on-ear headphone. Suara dari luar ngga terlalu banyak masuk, namun juga ngga full isolated.

Keunggulan on-ear adalah ngga begitu gerah ketika dipakai dibanding over-ear yang menutup semua telinga.

Pecinta bass mungkin bakal ngga suka headphone ini. Kurang nendang. Memang bass nya menjadi bulat, tidak menutup semua suara dan menjadi sedikit kuat di treble. Mid-nya cukup, ngga terlalu wah juga. Tapi cukup bagus karena ngga kemakan bass.

Saya diawal punya masalah di volume yang terlalu rendah apabila diputar menggunakan ponsel Android, namun tidak di iOS. Ternyata adalah ketika volume di ponsel Android sudah maksimal namun masih terlalu rendah, bisa menggunakan tombol volume up di headphone untuk menaikkan volume, walau diponsel nya berkata sudah maksimal.

Satu hari mungkin ngga cukup buat mencoba menelusuri suara Jabra Move ini. Karakter nya keliatan setelah dipakai rutin selama lebih dari satu minggu. Jabra Move ini lebih ke kejernihan suara, ngga fokus di bass.

Kesimpulan

Keunggulan

  • Headphone wireless dimana keharusan disaat banyak produsen ponsel menghilangkan headphone jack
  • Suara bagus
  • Harga masih masuk akal
  • Pads empuk dan nyaman
  • Daya tahan baterai bagus

Kekurangan

  • Tidak bisa dilipat ketika disimpan
  • Tidak disertai case
  • Ada perbedaan setting volume di ponsel dan di headphone itu sendiri
  • Ada kabel keluar yang mengganggu

Leave a Reply

%d bloggers like this: