2 min read

Telkomsel, apa sih maumu dengan CloudMAX?

Fitur penyimpanan cloud sudah banyak di jagat internet. Paling terkenal ada Google Drive dan Dropbox. Lalu Telkomsel masuk dengan menawarkan CloudMAX.

Apa itu CloudMAX?
CloudMAX adalah layanan penyimpanan cloud personal di mana Anda bisa menyimpan dan mengunduh kembali foto, video, kontak, dan dokumen lainnya dari dan ke ponsel Anda melalui aplikasi ponsel, aplikasi PC, atau web browser.

Wah berani masuk ke pasar yang sudah terbentuk, terus apa keunggulan pakai CloudMAX? anehnya tidak ada, mari kita lihat.

Harga

CloudMAX tidak gratis, untuk memakainya harus membayar. Tidak ada tier paket yang tidak berbayar.

Bagaimana dengan Google Drive? 15 Gb pertama gratis, lalu kalau kurang ruang penyimpanan, tier selanjutnya adalah 100 Gb dengan membayar Rp26.900 per-bulan. Tidak beda jauh dengan CloudMAX kan? malah tier pertamanya gratis.

Lalu untuk Dropbox 2 Gb pertama gratis, lalu tier selanjutnya 2 Tb dengan harga USD11.99 atau sekitar Rp180.000-an, lebih mahal dari Google Drive.

Fitur

Fitur untuk CloudMAX juga tidak ada yang istimewa, hanya:

Kemudahan mengakses foto, video, atau dokumen lainnya di mana pun dan kapan pun

Itupun dibatasi hanya yang bisa daftar dan akses untuk pelanggan untuk pelanggan kartuHalo, simPATI, KARTU As, dan Loop. Karena membutuhkan nomor dari beberapa layanan tersebut.

Bandingkan dengan Google Drive, selain penyimpanan standar, juga bisa digunakan untuk apps seperti Docs, Sheets dan Slides. Oh iya Google Form juga. Aplikasi Google Drive nya bisa untuk scan dokumen, dan ada opsi bisa digunakan offline.

Sedang untuk Dropbox ada Dropbox Paper untuk kolaborasi pembuatan dokumen.

Harusnya jadi keunggulan CloudMAX

Di website nya pun Telkomsel tidak berusaha untuk menampilkan keunggulan CloudMAX di banding layanan sejenis. Hanya sekedar layanan cloud untuk pengguna Telkomsel. Padahal bisa saja Telkomsel menonjolkan beberapa hal ini kalau mau serius masuk ke cloud.

Kecepatan

Saya yakin kalau server CloudMAX itu didalam negeri, pakai jaringan Telkomsel sendiri pula, akan mengalahkan kecepatan upload dan download dari layanan sejenis yang kemungkinan besar tidak mempunyai server di Indonesia. Itu bisa menjadi keunggulan.

Harga

Oke bila tidak ada tier gratis nya, harusnya CloudMAX ada bonus khusus untuk pengguna Telkomsel bila berlangganan paket data internet, seperti yang sudah dilakukan pada layanan MAXstream. Hal itu akan menarik orang untuk mencobanya.


Telkomsel dengan CloudMAX nya apabila tidak ada keunggulan dengan yang lain menjadi produk Value Added Service yang lagi-lagi nanggung, tidak digarap maksimal. Semoga Telkomsel segera sadar, karena layanan seperti ini, lalu MAXstream sebenarnya mempunyai potensi yang besar.

Tambahan buat yang cari artikel tentang CloudX bisa dilihat disini