Guvera, Layanan Musik Streaming Baru

Apa Ini?

Layanan streaming musik seperti Spotify, Deezer dan kawan-kawannya. Namun ada hal yang membedakan dengan layanan lainnya. Guvera tidak (belum) menyediakan layanan ‘music discovery’ -layanan untuk mencari lagi berdasarkan lagu2 yang sering kita dengarkan. Namun lebih fokus pada playlist yang dibuat oleh tim Guvera Indonesia atau oleh artis yang bekerja sama dengan Guvera.

Bayar?

Iya, beda dengan Spotify yang dengan akun gratis tetap bisa menikmati lagu secara penuh melalui desktop, untuk Guvera agar bisa menikmati lagu penuh perlu mendaftar layanannya mulai dari Rp. 3000 untuk satu hari. 53211c4e28fa63-10009888

Terus Fitur Apa Lagi yang Bagus

Ada fitur di app iOS nya (tidak tau di android, belum mencobanya) bernama smart cache. Jadi setiap lagu yang kita dengar otomatis di unduh dan bisa kita dengarkan secara offline. Alias tidak memerlukan koneksi internet. Di layanan lainnya hal seperti ini juga bisa, namun harus dilakukan secara manual dimana kita memilih lagu/album mana yang ingin kita jadikan offline. Selain itu juga di-layanan lain fitur offline ini mengharuskan kita membayar lebih mahal.

Koneksi-nya Berat Ngga?

Ini penjelasan dari Marketing Director Guvera Indonesia:

“Untuk lagu-lagu di aplikasi iOS-nya, Guvera mengompres file lagu tak lebih dari 64 kbps. Sementara file lagu di Android di-kompres sampai 96 kbps. “Walau ukuran di iOS lebih rendah, kualitas suara tetap baik,” ucap Dian”

Jadi kalau cuma 64 kbps pasti koneksi kamu semua mampu buat streaming lagu dari Guvera ini tanpa memakan kuota internet juga.

Kekurangan Ada Ngga?

Ada, yang pasti selain tidak ada fitur music discovery tadi, Guvera (juga dengan layanan music streaming lainnya) adalah masih kurangnya tersedianya lagu-lagu Indonesia, terutama yang baru, dibandingkan dengan iTunes yang sama-sama dalam format digital.

Mungkin ini disebabkan karena belum bekerjasamanya label rekaman dengan Guvera atau keputusan label rekaman yang tidak mengeluarkan di layanan seperti ini untuk meraup untung sebanyak-banyak nya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: