Ada Apa dengan Tablet Windows di Indonesia?

Tablet dengan sistem Windows 8 (atau sekarang 8.1) entah kenapa sangat jarang ditemui di Indonesia. Adapun dengan harga yang tinggi. Entah apa alasan para produsen itu masih takut memasukkan Tablet Windows di Indonesia, mungkin karena permintaan yang ‘sepertinya’ tidak terlalu bagus?

Di luar sana Microsoft gencar mempromosikan Surface nya. Lalu ada teman-temannya dari Nokia, Lenovo, Dell, dan Asus. Dengan ukuran layar rata-rata 8 s/d 10 inci. Bukan cuma satu atau dua jenis seperti di sini dengan Acer W3/W4 nya yang melenggang sendirian dan Samsung Ativ Tab nya yang kadang ada kadang tidak dan dengan harga yang wow.

Acer Iconia W4 by:anandtech.com

Acer Iconia W4 (anandtech.com)

Pasar PC memang sudah berkurang, kita lihat pada pameran komputer di Indonesia kebanyakan malah menawarkan gadget atau aksesoris dari PC/Laptop. Jarang sekarang pameran komputer yang benar-benar semuanya diisi oleh perusahaan PC, pasti ada perusahaan gadget/ponsel di situ.

Microsoft menyadari itu, karenanya dibuatlah Windows 8 ini yang mempunyai dukungan untuk touch screen yang dimana akan banyak digunakan di gadget/tablet. PC desktop dianggap Microsoft sudah berkurang peminatnya. Walau pada akhirnya di update Windows terakhir fitur-fitur desktop akan dikembalikan kembali.

Surface 2 (abcnews.com)

Surface 2 (abcnews.com)

Nah tablet Windows ini lah yang seharusnya menjadi tulang punggung perusahaan PC ketika penjualan PC desktop dan laptop lesu. Namun momentum itu di Indonesia sepertinya dilewatkan oleh mereka. Malah beberapa nya mengeluarkan tablet berbasis Android (Lenovo,Asus)

Segala software yang bisa di-instal di PC Desktop juga dapat di-instal di tablet Windows

Tablet Windows, bukan versi yang RT, mempunyai banyak keunggulan. Selain bentuk fisiknya yang lebih ringkas dibandingkan laptop secara OS nya adalah benar-benar seperti Windows di desktop. Jadi segala software yang bisa di-instal di PC Desktop juga dapat di-instal di tablet Windows. Memang secara performa pasti tidak bisa menyamai, karena processor tablet dibuat untuk ketahanan baterai lebih dibandingkan dengan laptop

T100_edition_10

ASUS Transformer Book T100 (Asus.com)

Tablet Windows 8 pada dasarnya merupakan tablet yang layak beli selain tablet Android dan iOS. Namun produsen di Indonesia belum dapat mengeluarkan produk yang sejalan dengan misi Microsoft mengganggu pasar tablet Android dan iOS. Jadinya tablet Windows masih diam-diam saja di Indonesia

Leave a Reply

%d bloggers like this: