HDMI Converter

review 18 Mei 2021

Kelemahan Xbox Series S (dan X juga), yang review-nya sedang dalam pengerjaan, adalah tidak adanya output untuk optikal/toslink.

Not Supported

Sepiker (sesuai KBBI untuk speaker) yang saya miliki membutuhkan input optikal (atau HDMI ARC) namun karena output-nya tidak ada tadi sehingga saya membutuhkan alat untuk menyambungkan dua komponen ini agar bisa saling kerja sama.

Ada beberapa opsi; yang pertama adalah menyambungkan dari Xbox Series S ini ke TV yang mempunyai HDMI ARC lalu dari HDMI TV masuk ke sepiker home theater.

Masalahnya TV yang saya gunakan sekarang bukan merupakan TV keluaran baru sehingga tidak mempunyai HDMI ARC .

Nah solusi kedua yang saya pikirkan adalah bagaimana memecah HDMI yang keluar dari Xbox Series S menjadi keluaran terpisah untuk video dan audio. Video ke TV menggunakan HDMI dan audio ke optikal untuk masuk ke sepiker.

Akhirnya saya menggunakan opsi kedua, saya menemukan alat bernama HDMI Converter jadi alat ini berfungsi untuk meng-convert sinyal HDMI yang bisa dibagi menjadi satu HDMI untuk keluar sebagai video lalu ada opsi keluar audio lain menggunakan optikal atau RCA.

Nah ternyata dengan cara ini berhasil untuk menjalankan sistem audio dari Xbox Series S yang tidak support audio optikal untuk bisa mengeluarkan suara ke sepiker home theater.

Secara fitur, kemampuan audio 5.1 atau Dolby Digital yang digunakan di Xbox Series S bisa disalurkan ke sepiker *home theater-*nya dengan lancar.

Link pembelian:

Tokopedia

Shopee

Ada komentar atau masukan? silahkan lewat Discord devilpenakut atau lewat Twitter

Tag

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.