Mencoba kembali smartfren

Bagaimana, operator yang sepenuhnya mengandalkan 4G bisa lebih bagus sinyalnya daripada yang ada alternatif lain di 3G dan 2G. Itulah Smartfren yang saya pakai 2 hari ini menjelajah jalur kereta api sepanjang Jawa dari Semarang ke Jakarta.

Pemakaian saya menggunakan XL sepertinya harus selesai. XL makin tidak stabil internetnya. Saya tidak perlu internet yang sangat cepat. Tapi yang bisa selalu nyambung ketika dibutuhkan. Youtube 240p/360p tidak masalah selama masih bisa menampilkan video.

Saya tidak perlu internet yang sangat cepat. Tapi yang bisa selalu nyambung ketika dibutuhkan

Jumat kemarin saya akhirnya kembali membeli kartu perdana smartfren. Kembali karena dulu saya sempat lama menggunakan layanan Internet smartfren sebelum banyak layanan 3G/4G lain.

Rencananya smartfren ini akan saya pasangkan dengan modem router Huawei E5577 yang sebelumnya terpasang XL. Namun ternyata, berbeda dengan operator kebanyakan yang menggunakan band 900 dan 1800, ternyata smartfren menggunakan perpaduan antara frekuensi 4G di 850 dan 2300 yang dinamakan carrier aggregations. Nah band 850 itu yang tidak bisa di support di modern Huawei.

Akhirnya saya coba di S7 saya, ternyata bisa berjalan dengan lancar dengan tampilan support VoLTE dan 4G+ (LTE Advanced). 4G+ ini bisa didapat untuk operator yg menggunakan dua frekuensi dan menggunakan ponsel yang mendukung.

Selama penggunaan di jalur kereta Semarang-Jakarta dan di Jakarta sendiri Smartfren secara umum memuaskan. Koneksi terus berjalan tanpa ada gangguan yg berarti. Kecepatan juga termasuk masuk akal, Youtube masih bisa jalan, browsing juga lancar.

Screenshot_20180316-154431

Percobaan menggunakan Smartfren akan saya lanjutkan untuk komuter saya Yogyakarta-Solo dimana XL kalau sudah setengah perjalanan pasti sudah tidak ada koneksi.


Sampai dengan satu minggu ini menggunakan kembali Smartfren masih memuaskan. Kekurangan dari Smartfren ini adalah harga kuota data nya yang masih lebih mahal daripada XL, walau masih lebih murah dari Telkomsel.

Bagaimana menurut kamu operator yang terbaik untuk akses data?

Leave a Reply

%d bloggers like this: