Ketika koneksi fiber terganggu peringatan LOS

Lampu merah itu menyala lagi. Lampu merah yang menandai bahwa koneksi tidak tersambung antara router dan jaringan internet. Ini terjadi di layanan MNC Play rumah di Semarang. Rumah di Jogja yang menggunakan Indihome pernah mengalami sekali LOS menyala selama berlangganan 2 tahun ini.

Apabila hal itu terjadi pelanggan mau tidak mau harus menghubungi penyedia layanan/teknisi. Karena rata-rata respon yang lama dari penyedia layanan di Indonesia, maka permasalahan seperti ini bisa berlangsung selama 2-3 hari.Bila layanan Internet gabung dengan layanan televisi dan telepon maka selama itu ulang kedua layanan tambahan itu tidak bisa digunakan. Bayangkan bila itu terjadi yang sering digunakan untuk layanan bisnis.

Koneksi fiber permasalahannya adalah kehilangan koneksi seperti itu. Entah itu dari kabel di pinggir jalan atau kabel dari tiang menuju ke rumah pelanggan. Untuk melakukan analisis juga tidak semudah kabel tembaga. Harus menggunakan alat khusus yang katanya teknisi Indihome yang pernah saya tanyakan berharga jutaan rupiah.

http://www.indihome.co.id/internet-fiber

Telkom di website dan media promosi mengatakan bahwa koneksi fiber lebih baik dari tembaga terutama lebih tidak banyak gangguan. Memang, secara kecepatan koneksi fiber lebih baik dari tembaga. Tapi yang terjadi adalah keluhan LOS oleh pelanggan banyak bertebaran.

SRNL Fiber Optic Cable Installation

Secara fisik kabel fiber memang rentan putus. Fiber itu terdiri dari serat kaca tipis yang digabung menjadi satu. Ada lengkungan sedikit saja bisa putus. Bandingkan dengan tambaga yang lebih tahan lengkungan.

Permasalahan sering LOS dalam jaringan fiber tentu tidak lepas dari ruwet nya jaringan kabel di negara kita. Lihat saja tiang dan kabel pinggir jalan itu. Kanan kiri bersliweran tanpa ada kerapian. Satu aja salah perawatan putuslah kabel fiber itu.

...di balik kabel-kabel ruwet ini tercatat data penting klimatologi senja tanah parahyangan saat ini! (BMKG Bandung)

Telkom, MNC dan layanan yang menggunakan fiber harusnya lebih memikirkan hal ini. Jaringan di luar rumah pelanggan harusnya lebih rapi sehingga tidak sering menimbulkan gangguan.

Ketika gangguan menjadi berkurang pasti loyalitas pelanggan akan lebih baik. Walau dengan harga lebih mahal.

Leave a Reply

%d bloggers like this: