5 Hal tentang iPhone SE

Desain

Desain iPhone SE yang memang sama banget dengan iPhone 5s tidak diragukan lagi kegantengannya. Ya sedikit seperti nostalgia kalau dulu pernah memakai iPhone 5/5s. Desain iPhone SE menurut saya sih belum ketinggalan jaman, masih enak dilihat dan terkesan mewah. Body metal tidak pernah bohong. Namun, desain yang sama juga membawa ketebalan yang sama dengan ponsel keluaran tahun 2013.

Performa

Performa yang mirip dengan iPhone 6s bisa dianggap masih sangat bagus untuk saat ini. Beberapa perbandingan benchmark Samsung Galaxy S7 dan iPhone 6s terlihat hardware iPhone SE masih bisa mengimbangi performa ponsel terbaru termasuk Samsung Galaxy S7.

Layar

Layar 4 inch untuk saat ini menurut saya bukan pilihan pertama untuk pembelian ponsel. 4.7 inch yang dimiliki oleh iPhone 6/6S sebenarnya sudah pas untuk ukuran layarnya. Namun kata Apple masih banyak penggunanya di iPhone 5/5s yang belum beralih ke iPhone 6/6s karena layarnya. Menurut data sih oke, tapi ada kemungkinan juga terkait dengan harga iPhone 6/6s yang tinggi. Jadi iPhone SE ini cocok buat kamu yang suka ponsel kecil tapi tetap powerful atau buat cewek yang tidak suka bawa ponsel besar. Subjektif sih ukuran ponsel itu. Kalau saya sih suka minimal 5 inch.

wK8lUDr

Pilihan warna iPhone SE (apple.com)

Kamera

iPhone SE punya kamera 12 mpx yang sama dengan iPhone 6s. Kualitas juga berarti masih bagus untuk ponsel saat ini. Fitur didalamnya juga ikut, termasuk fitur live photo. Kekurangannya ada pada kamera depan, yang cuma bisa menangkap foto dengan ukuran 1.2 mpx. Ukuran yang sangat kecil untuk kamera depan di ponsel saat ini. Biasanya ukuran foto kamera depan rata-rata sudah di 5 mpx.

Harga

Harga di US sana mulai dari 16 Gb ‘cuma’ 399 USD. Harga yang menarik untuk ponsel Apple. Kalau dikurs-kan menurut mbah Google sekitar 5.2 juta. Ditambah sama plus-plus biaya lain-lain kemungkinan bisa masuk di Indonesia sekitar 6-7 juta. Untuk jeroan yang hampir sama dengan iPhone 6s memang lebih murah, karena untuk 6s yang sama-sama belum resmi versi 16 Gb-nya sekitar 9 juta-an.

Perbandingan dengan ponsel Apple sendiri selain 6s, diharga iPhone SE ini masih ada iPhone 6 dan 6 Plus. Kalau dari Android ada Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge, Z5 Dual, Nexus 5X, HTC One M9.


 

Jadi apakah iPhone SE ini apakah cukup menarik? Bagi saya pribadi tidak. Bukan saya tidak suka iPhone. Karena kalau ada yang mau kasih 6s saya terima dengan senang hati, atau misal iPhone 6S 64 Gb seharga 7 juta-an bisa saya pertimbangkan untuk beli.

iPhone SE ini cocok untuk kamu yang kekeuh pengen di pakai iPhone tapi dengan harga ‘murah’ tanpa kelemahan di performa atau kamera. Dan yang kedua buat kamu yang tidak suka pakai ponsel gede.

Leave a Reply

%d bloggers like this: