Playstation 3 vs Xbox 360

Hai, topik yg diangkat ini bukan merupakan topik baru, tp sudah lama sekali. Muali dari persaingan ps2 dan xbox classic. Tapi, setelah saya sudah merasakan kedua konsol tersebut, saya jadi ingin menerjemahkan satu artikel dari IGN diselingi dengan pendapat saya sendiri tentang dua konsol ini.
ps 3 slim vs xbox 360 slim
Selamat Menikmati.

Perang konsol terus berjalan sejak PlayStation 3 tiba di pasar untuk menantang Xbox 360 di tahun 2006, gamer berpendapat tentang manfaat dari setiap konsol. Bahkan ketika judul game eksplusif masing-masing konsol telah berkurang (kebanyakan multi konsol), para gamer tetap yakin bahwa konsol pilihan mereka adalah yang paling unggul.

Kami telah memutuskan untuk membandingkan dua konsol ini dari perspektif teknis, membandingkan konsol yang bertenaga dan yang menawarkan serangkaian fitur unggul. Kami telah membagi perbandingan konsol ini menjadi sepuluh kategori teknis, termasuk CPU, GPU, hard drive dan sebagainya.

Pada akhirnya, hanya satu konsol yang dapat muncul sebagai pemenang.

Tahta ini didasarkan pada versi terbaru dari kedua konsol yaitu jenis ‘Slim’ baik dari Xbox 360 dan PlayStation 3, dan mengabaikan hardware konsol keluaran sebelumnya.

CPU

Xbox 360 PS3
3.2 GHz prosesor Xenon 3.2 GHz Cell prosesor
3 dual-threaded core 7 single-threaded core (inti ditambah 1 backup)
Maksimum 77 GFlops Maksimum 230 GFlops

PS3

Keterangan: Prosesor untuk Xbox dan PS3 yang cukup unik dalam arsitektur masing-masing mungkin sulit untuk membuat perbandingan langsung. Namun, angka tidak berbohong.

Chip CPU dua dijalankan pada kecepatan GHz sama, tetapi tujuh inti individu PS3  mengalahkan tiga Xbox dual core-threaded. Dan dalam hal kinerja yang diukur dalam GigaFLOPS, PS3 tops di hampir tiga kali lipat dari Xbox.

Menariknya, CPU gabungan baru / GPU chip yang digunakan dalam Xbox 360 baru secara teori lebih cepat daripada chip individu dalam model lama. Tetapi untuk memastikan berfungsi dengan semestinya, Microsoft terpaksa untuk menginstal sebuah “blok pengganti frontside bus” yang memperkenalkan latency dan memaksa chip untuk berjalan pada kecepatan yang sama sebagai model yang lebih tua. Chip baru ini mungkin bisa mengalahkan CPU PS3 dalam hal kehandalan dan kontrol suhu, tetapi belum teruji pada tes jangka panjang.

Pemenang: PlayStation 3

GPU

Xbox 360 PS3
ATI Xenos NVIDIA RSX “Reality Synthesizer”
Sampai dengan 512 MB GDDR3 RAM (shared w / RAM sistem) 256 MB GDDR 3RAM (tambahan 224 MB dapat dibagi w / RAM sistem)
10 MB eDRAM
21,6 Gbps bandwidth (256 Gbps melalui eDRAM) 22,4 Gbps bandwidth

xbox

Keterangan: Baik Xbox 360 dan PS3 mengandalkan kartu grafis yang dirancang secara kustom. VGA Xbox’s Xenos mempunyai lebih banyak video RAM, namun RAM ini merupakan jumlah share bersama dengan RAM sistem konsol. PS3 ini memiliki 256 MB RAM dedicated (tidak share) selain juga bisa mendapat tambahan 224 MB dari RAM sistem.

Dalam hal bandwidth, PS3 sedikit diatas Xbox. Namun, Xbox memiliki keuntungan dari 10 MB eDRAM. Ketika mengandalkan eDRAM, bandwidth sistem melompat hingga 256 Gbps.

Pada akhirnya, walaupun GPU PS3  menunjukkan angka kinerja secara umum lebih tinggi, kita cenderung untuk memberikan kategori ini untuk Xbox berdasarkan kinerja puncak eDRAM dan fleksibilitas umum konfigurasi ini.

Pemenang: Xbox 360

RAM

Xbox 360 PS3
512 MB GDDR3 RAM (shared with GPU) 256 MB XDR RAM
700 MHz speed 3.2 GHz speed
22.4 Gbps bandwidth 25.6 Gbps bandwidth

Keterangan: Sekali lagi, Jumlah RAM Xbox  sedikit menyesatkan, karena RAM sistem dan video menjadi satu. XDR RAM PS3  juga jauh lebih cepat dan efisien daripada’s GDDR3 RAM Xbox, berlari pada kecepatan 3,2 MHz dibandingkan dengan 700 GHz.

Besar bandwidth membuktikan PS3 adalah pemenang dalam kategori ini.

Pemenang: PlayStation 3

HARDDISK

Xbox 360 PS3
HDD 250 GB atau 4 GB SSD 160 atau 320 GB HDD
5400 rpm 5400 rpm
Dapat diganti dengan HDD Xbox Dapat diganti dengan HDD standar

ps3
Keterangan: Salah satu perubahan yang dibuat untuk Xbox 360 ‘Slim’ adalah bahwa model arcade sekarang sudah termasuk 4 GB SSD drive untuk penyimpanan data daripada mengharuskan gamer untuk mengandalkan unit memori. Dengan PS3, hard drive termasuk dalam kedua model. Unit HDD di kedua konsol tersebut sangat mirip, keduanya berjalan pada 400 rpm dan kini menawarkan beberapa jenis kapasitas. TIpe PS3 yang paling tinggi dengan 320 GB HDD dibandingkan dengan versi Xbox yang hanya 250 GB .

Namun kelebihan sejati PS3 adalah dukungan standar 2.5 “notebook hard drive SATA. Pengguna dapat meng-upgrade hard drive PS3 dengan drive yang memiliki kapasitas yang lebih tinggi dan kecepatan rpm lebih cepat, sementara Xbox hanya mendukung milik Microsoft.

Pemenang: PlayStation 3

DISC DRIVE

Xbox 360 PS3
12x read speed (DVD) 8x read speed (DVD), 2x read speed (Blu-ray)
7 GB disc space 25 GB disc space

Keterangan: Xbox dan PS3 memiliki keunggulan masing-masing di disk drive. Xbox memiliki daripada kecepatan baca lebih tinggi dari pada DVD PS3. Membandingkan kecepatan baca DVD Xbox  dan kecepatan baca Blu-ray PS3, Xbox di 15,85 MBps pada disc single layer sementara PS3 maksimum adalah 9 MBps. Namun, perbedaan kecepatan berkurang ketika Xbox membaca disk dual-layer.

Sementara disc drive PS3 berjalan lebih lambat dibandingkan dengan Xbox, itu memang menawarkan kapasitas penyimpanan secara signifikan lebih tinggi yang datang dengan Blu-ray. cakram PS3 saat ini memiliki 25 GB pada awal, dan ketika memakai format dual layer  dapat ditingkatkan menjadi 33.4 GB. Untuk sebagian besar gamer, peningkatan penyimpanan akan jauh lebih penting daripada kecepatan baca.

Pemenang: PlayStation 3

VIDEO SUPPORT

Xbox 360 PS3
Resolusi Native 720p, OS mendukung hingga 1080p Sampai dengan resolusi 1080p
Komposit, komponen, VGA, & koneksi HDMI Komposit, komponen, dan koneksi HDMI

ps3
Keterangan: Kedua konsol sekarang termasuk port HDMI standar, Xbox dan PS3 sebanding di koneksi video. PS3 mengalahkan Xbox dalam hal resolusi maksimum.

Disaat di menu Xbox mendukung 1080p, Namun untuk game Microsoft hanya mendukung 720p. PS3 ini memiliki sejumlah besar permainan yang mendukung 1080p. Itu belum lagi dukungan PS3 untuk film Blu-ray dan fokus tumbuh pada game 3D.

Pemenang: PlayStation 3

AUDIO

Xbox 360 PS3
Analog – Dolby Pro-Logic II Analog – Stereo
Digital – Dolby Digital 5.1 Digital – Dolby Digital 5.1 & 7.1 LPCM

Keterangan: Untuk gamer yang menggunakan koneksi suara analog, Xbox memiliki keuntungan dari penawaran Dolby Pro-Logic II di samping stereo standar. Tetapi bagi mereka dengan koneksi digital, PS3 menang dengan menawarkan 5.1 Dolby Digital dan 7.1  LPCM surround.

Pemenang: PlayStation 3

KONEKSI

Xbox 360 PS3
5 port USB, port Kinect 2 USB port, Bluetooth 2.0
7 max controller (3 kabel dan nirkabel 4) 7 max controller

controller
Keterangan: PS3 Slim memiliki dua port USB dibandingkan dengan Xbox yang tiga port. Selain itu, Sony telah mengeluarkan Compact Flash dan kartu dukungan SD terlihat pada model lama sedangkan Xbox menawarkan dukungan untuk unit memori yang dapat mentransfer data permainan.

Meskipun keuntungan di Xbox, PS3 masih muncul menang dalam kategori ini berkat dukungan untuk Bluetooth 2.0.

Pemenang: PlayStation 3

NETWORKING

Xbox 360 PS3
100 MBps ethernet 1 Gbps ethernet
Built-in konektor wifi – sampai 802.11n Built-in konektor wifi – sampai dengan 802.11g

kinnect
Putusan: Ketika datang ke kemampuan jaringan, gamer perlu bertanya pada diri sendiri apakah mereka bermaksud untuk mengandalkan koneksi ethernet kabel atau nirkabel. port ethernet PS3 secara signifikan lebih cepat dengan kapasitas 1 Gbps. Kedua konsol sekarang termasuk built-in mendukung wifi. Namun, Xbox 360 ‘Slim’ mendukung teknologi 802.11n, sementara PS3 hanya dapat mendukung 802.11g.

Mengingat peningkatan prevalensi Internet nirkabel, Xbox memiliki keuntungan lebih besar di sini.

Pemenang: Xbox 360

NETWORKING

Xbox 360 PS3
Dukungan untuk banyak permainan Xbox asli melalui software emulasi Dukungan untuk game PSOne melalui emulasi perangkat keras

Keterangan: Gamers berharap untuk bergantung pada konsol saat ini untuk kompatibilitas ke belakang akan menemukan bahwa baik Xbox 360 maupun PS3 menawarkan dukungan penuh untuk sistem masa lalu. 360 mendukung sebagian besar katalog Xbox asli. Namun, karena 360 bergantung pada emulasi perangkat lunak, kinerja tidak begitu bagus. PS3 mendukung PlayStation game asli melalui emulasi perangkat keras, sehingga lebih sedikit unggul di masalah teknis.

Sayangnya, sementara model PS3 awal ditawarkan emulasi perangkat lunak untuk game PS2, model baru tidak. Xbox membawa berkat ini kategori untuk mendukung untuk persentase lebih besar dari katalog Xbox.

Pemenang: Xbox 360

KESIMPULAN

Pemenang akhir dari perbandingan ini adalah PlayStation 3, memenangkan tujuh dari keseluruhan kategori. Sekali lagi, kedua sistem memiliki kekuatan unik mereka sendiri. Tapi dari sudut pandang teknis, PS3 memiliki kekuatan yang lebih baik dan dukungan untuk rentang yang lebih tinggi untuk video resolusi dan audio. Tapi meskipun lebih tua, Xbox tetap kompetitif di beberapa kategori.

Pada akhirnya, yang penting adalah bagaimana pengembang dan penerbit memilih untuk mengambil keuntungan dari masing-masing konsol.Dan gamer adalah yang paling merasakan mana konsol yang terbaik baginya.

Saya telah mencoba kedua konsol, keduanya saat ini bisa memakai game copy an. Bagi saya dalam hal kualitas grafis dan koneksi Xbox lebih baik. Playstation terkadang grafiknya jaggies dan koneksinya lag. Namun, sekarang saya pilih Playstation, kenapa? karena Original. Yak, original telah merubah cara pandang saya terhadap konsol dan game. Xbox mungkin bisa didapat dengan mesin yan gmasih original, namun untuk mendapatkan gamenya harus beli online di situs luar. Sedang Playstation 3 yang dulunya masih belum bisa menggunakan game copy-an market untuk game original masih jalan hingga sekarang sehhingga mudah mendapatkan game original untuk pS3. Untuk artikel kenapa saya pilih original baca post saya sebelumnya.

Akhirnya silahkan berpendapat dan ajukan pertanyaan di comment atau lewat twitter.

Putusan: Untuk gamer menyampaikan pada koneksi suara analog, Xbox memiliki keuntungan dari penawaran Dolby Pro-Logic II di samping stereo standar. Tetapi bagi mereka dengan koneksi digital, PS3 menang hari dengan menawarkan kedua 5.1 Dolby Digital 7.1 surround dan LPCM surround.

Pemenang: PlayStation 3

16 thoughts on “Playstation 3 vs Xbox 360”

  1. DAvid says:

    Jumlah game ekslusifnya banyakan X BOX ato PS3?

    1. devilpenakut says:

      Beneran, ini ga pernah ngitung. Tp kalau Xbox One dan PS 4 banyakan Xbox One

Leave a Reply

%d bloggers like this: