Kalau nanti tersedia di Indonesia, OnePlus 5 layak beli tidak?


OnePlus 5 sudah keluar, beberapa review juga sudah keluar. Dari beberapa youtuber yang sudah mengeluarkan reviewnya.

Terkait itu ada beberapa catatan yang bisa saya berikan.

Pertama masalah desain. OnePlus 5 bagian belakang memang mirip dengan iPhone 7 Plus tapi sebenarnya lebih mirip lagi dengan Oppo R11 karena merupakan kakak seperguruan dari OnePlus. Untuk bagian depan masih mengambil desain dari OnePlus 3T.

No Title

No Description

Desain bagian belakang yang bisa di mirip dengan iPhone 7 Plus karena OnePlus 5 kali ini menggunakan dual camera. Berbeda dengan Huawei yang menggunakan dual kamera dengan salah satu kameranya menggunakan modul hitam putih. Dual kamera di OnePlus 5 ini menggunakan kamera kedua untuk melakukan zoom seperti iPhone 7 Plus.

Layar sayangnya masih menggunakan resolusi HD 1080p OLED yang tujuannya untuk membuat biaya produksi menjadi murah dan kedua, juga lebih hemat dalam penggunaan daya walau mempunyai baterai 3300 mAh.

Dalam hal performa mungkin tidak diragukan lagi karena menggunakan Snapdragon 835 yang sama digunakan pada Samsung Galaxy S8 dan HTC U11. Ditambah juga dengan RAM besar 6 atau 8 Gb tergantung model membuat multitasking menjadi bertenaga. Hal yang menarik lain adalah pada media penyimpanannya yang menggunakan mode UFS 2.1 yang memberikan performa read and write cepat.

Sisi kamera, walaupun disebutkan bekerjasama dengan DxOMark yang merupakan lembaga yang menilai peringkat kualitas kamera handphone dan kamera digital namun yang terjadi ternyata hasil kamera OnePlus 5 masih belum bisa dianggap sebagai hasil kamera berkualitas tinggi. Walaupun dynamic range yang cukup bagus namun secara kualitas dirasa belum mampu bersaing dengan Samsung Galaxy S8 atau Google Pixel.

Memang, kalau dilihat perbandingan dengan iPhone 7 Plus, kamera OnePlus 5 lebih baik namun akan kalah ketika masuk ke mode video. Dimana dikarenakan tidak mempunyai optical image stabilization mengakibatkan ketika merekam video beresolusi tinggi seperti 4K akan terlihat terjadi camera shake.

Jadi sepertinya dalam sisi kamera OnePlus 5 harus menunggu lagi tahun depan untuk bisa memberikan hasil kamera yang bagus.

Terakhir harganya. Harga OnePlus 5 adalah US$ 480 atau sekitar Rp 6,2 juta (RAM 6GB/ROM 64GB) dan US$ 540 atau sekitar Rp 7 juta (RAM 8GB/ROM 128GB). Harga ini lebih tinggi dari OnePlus 3T.


Dari review sementara apakah layak untuk dimiliki? menurut saya masih layak. Dengan desain yang cukup bagus, performa yang menyenangkan, kamera yang oke dan harga yang tidak begitu mahal OnePlus 5 masih layak untuk dipinang.

Ada pertanyaan? Bisa mention saya di Twitter atau tinggalkan komentar dibawah.

Leave a Reply

%d bloggers like this: