4 min read

Review XL Go, pantaskah untuk dipakai?

Review XL Go, pantaskah untuk dipakai?

Ceritanya lagi-lagi bingung untuk akses internet. Masalah saat ini adalah untuk koneksi di kantor. Kantor menggunakan koneksi Indihome yang mempunyai kecepatan tidak seberapa, tapi karena dibagi satu kantor yang berjumlah hampir 50 orang menjadi hancur banget kecepatannya.

Solusi sementara adalah menggunakan koneksi dari ponsel, tidak menggunakan koneksi wifi. Namun karena saya memakai Telkomsel yang memang paket datanya lumayan mahal maka ketika menggunakan data ponsel jadinya cepat habis,.

Alternatif yang bisa menjadi pertimbangan adalah menggunakan wifi router. Sehingga bukan hanya bisa digunakan sebagai sumber data di ponsel namun juga bisa digunakan sebagai sumber data di komputer kantor. Tentunya wifi router itu kalau bisa tidak terlalu mahal router-nya apapun paket datanya.

Setelah memilih beberapa layanan maka saya tertarik menggunakan router dan paket dari XL Go

Z221Q5L.jpg

Kenapa XL Go menarik, karena paket data yang ditawarkan pada awalnya cukup besar. Kuota di awal memang seperti pemanis aja untuk mencoba layanan dari XL ini. Tapi dengan besarnya kuota dan kecepatan yang diberikan tidak ada yang menolaknya.

Hal lain yang menarik dari paket XL Go ini adalah modem-nya. Modem ini sama yang digunakan oleh Bold Slim 2 yaitu Huawei E5577. Modem dari Huawei ini mempunyai beberapa fitur yang bisa dibilang lebih bagus dibanding modem lainnya.

  1. Terdapat slot MicroSD untuk menyimpan file
  2. Terdapat layar untuk melihat sinyal, baterai, sisa kuota, nama jaringan, dan pengaturan
  3. Terdapat scan barcode untuk connect ke router tanpa mengetahui password-nya
  4. Bila sudah dalam keadaan unlock bisa berjalan pada semua operator 4G di indonesia

Tentunya saya membeli dalam keadaan unlock. Memang garansi menjadi hilang, tapi saya anggap bila nanti XL tidak bisa memberikan kualitas layanan yang memuaskan saya bisa memakai modem ini menggunakan operator lain.

Paket yang ditawarkan pada XL Go ini adalah 90 Gb untuk 3 bulan, atau 30 Gb untuk satu bulan, atau 1 Gb untuk dihabiskan dalam 1 hari. Banyak kan?

Setelah 90 hari atau tiga bulan, paket 30 Gb per bulan masih bisa diperpanjang dengan menyediakan pulsa sebesar 125 ribu pada nomor di dalamnya. Tentunya harga ini masih dalam masa promosi, karena untuk 30 Gb itu terdapat bonus 24 Gb di 4G. Kuota utamanya adalah 6 Gb.

Memang ada gimmick di bonus kuota, namun yang satu lagi yang menarik tambahan kuota itu bisa digunakan selama 24 jam, bukan hanya malam hari atau waktu-waktu tertentu seperti operator lain.

GfQObT5.png

Pengaturan

Hal yang dilakukan ketika pertama kali untuk mengaktifkan modem ini adalah memasukkan SIM yang disediakan oleh XL. Langkah selanjutnya memasang baterai. Setelah baterai terpasang langsung bisa dinyalakan dengan menekan tombol power sedikit lama.

20170308_124938-1024x768.jpg

20170308_125926-768x1024 (1)

20170308_125958-1024x768.jpg

20170308_130132-1024x768.jpg

20170308_130149-1024x768.jpg

Setelah menyala, modem sudah bisa di setting namun memang belum ada koneksi untuk internetnya karena kartu XL ini harus diaktifkan dulu seperti penggunaan kartu baru atau kartu perdana seperti biasa.

Cara koneksinya adalah menyambungkan PC atau ponsel kita ke wifi router ini. Prinsipnya seperti pada hotspot. Cari wifi bernama Huawei lalu masukkan password yang terdapat pada setting dengan menyentuh tombol menu lalu masuk ke device info.

Setelah connect, selanjutnya buka browser dan ketik alamat 192.168.8.1 lalu masukkan user: admin dan password: admin. Sesudah masuk, cari menu SMS. Buat pesan baru kirim ke 4444 dengan isi SMS; DAFTAR#nama#nomor KTP#tanggal lahir

Setelah berhasil teraktivasi maka akan mendapatkan beberapa SMS salah satunya yang mengatakan bahwa kuota internet 90 Gb selama 3 bulan sudah aktif. Langkah selanjutnya adalah mematikan atau me-restart router ini. Setelah di restart seharusnya sekarang sudah bisa connect ke jaringan XL.

Tambahan untuk keamanan dari wifi router ini adalah kalau bisa mengganti SSID. SSID adalah nama yang digunakan ketika kita pertama kali memlilih jaringan wifi. Kalau mau lebih aman ya hide SSID sehingga ketika kita mau connect maka harus memasukkan nama network secara manual sesuai dengan yang kita setting tadi. Oh ya juga jangan lupa juga mengganti password ketika masuk ke admin router.

Kecepatan

Saya cukup puas dengan paket XL ini terutama dengan bonus yang diberikan. Jangkauan jaringan XL saat ini di Jogja juga sudah cukup baik.

Mari kita coba kecepatan jika menggunakan Speedtest. Kecepatan download bisa mencapai 14 mbps dengan upload 15 mbps. Salah satu yang menyenangkan dari XL adalah upload-nya yang cukup tinggi dengan perbandingan 1 banding 1 dengan download-nya. Ini berbeda dengan Indihome yang walaupun download-nya 10 mbps namun maksimal upload hanya 2 mbps.

6112173548.png

Karena XL tidak memblokir akses Netflix seperti di indihome maka saya bisa mengetes menggunakan fast.com. Pada pengujian menggunakan website fast.com mendapatkan download 20 mbps, jauh lebih tinggi dari pengujian menggunakan Speedtest.

Screenshot (1)

Kalau menggunakan ponsel ternyata koneksinya berkurang menjadi sekitar 12 mbps, namun menyenangkannya dari beberapa pengujian selalu diatas 10 BPS

Screenshot_20170308-134115.png


Saya rasa, XL Go ini pantas untuk dicoba. Terutama bagi kamu yang bisa menerima jaringan XL 4G di kotanya. Menggunakan wifi router bagi saya juga bisa membantu memperpanjang baterai ponsel, karena sekarang akses data cellular bisa saya matikan dan operasi jaringan cukup di 2G/3G aja. Tidak perlu mencari sinyal di 4G.

Ada pertanyaan silahkan komentar dibawah atau mention saya di Twitter.