Homescreen / Layar Utama saya di 2022

iOS bisa diatur ada ruang kosong di homescreen kok

Ini kali pertama saya membuat postingan semacam ini. Tapi kayanya asik juga untuk melihat perubahan setiap awal tahun apa yang ada di homescreen ponsel saya.

Widget

Apple bukan yang pertama, tapi implementasi paling bagus

Widget di homescreen saya ada 3 buah,

Widget kalender

Widget ini berguna tentunya untuk menampilkan tanggal, ada acara apa di kalender.

Biasanya ini digunakan untuk melihat hari libur apa dalam waktu dekat ini. Hari libur ini bukan manual kita input satu-satu namun merupakan salah satu fitur yang ada di dalam Google Calendar untuk menambahkan hari libur Indonesia.

Selanjutnya untuk melihat jadwal tim kesayangan saya AC Milan. Penambahan jadwal ini juga bukan kita input satu-satu, namun menggunakan layanan fixtur.es yang mana juga tersedia untuk tim sepakbola lain. Silakan browsing di webnya.

Begitu juga untuk jadwal lainnya. Kamu bisa mencari layanan seperti ini untuk hal lain seperti jadwal peluncuran produk tech, jadwal FPL dll.

Widget saran aplikasi Siri

Widget kedua adalah membiarkan dua baris ini tergantung Siri mau menyarankan apa. Widget ini akan mempelajari di waktu yang sama setiap hari kira-kira kamu akan membuka aplikasi apa.

Kadang random, tapi kadang juga berguna karena menarik misal pada pagi hari saya suka buka Google Keep maka di waktu yang sama aplikasi Google Keep akan tertampil di homescreen.

Coba saja, siapa tahu memang berguna buat kamu.

Widget "Small Blank"

Widget ini yang membantu mengatur ikon di homescreen iOS agar tidak selalu rata kiri, namun bisa dibuat sesuai keinginan kita seperti di homescreen Android.

Itulah kenapa di homescreen saya bisa ada ruang kosong di bagian kiri yang menurut saya merupakan bagian yang susah untuk dijangkau untuk peletakan ikon aplikasi.

Widget ini didapatkan dengan mengunduh aplikasi MD Blank - Transparent widget dari App Store.

Panduan penggunaan cukup jelas, namun bila ingin dijelaskan silakan komentar di bawah nanti saya buat di postingan lain.

Social Networking

Walau didalamnya tidak ada sosmed

Grup pertama di homescreen saya adalah grup "Social Networking" walau isinya malah bukan aplikasi media sosial, namun inilah "Social Networking" saya, lebih tepatnya aplikasi pesan.

Telegram

Aplikasi pesan yang didalamnya banyak fitur dan bot yang banyak orang tidak tau. Walau beberapa ada bot yang di zona abu-abu namun untuk pada kebanyakan bisa membantu.

Contoh ada @hotelhunt yang membantu untuk mencari harga termurah dari hotel di Booking.com ditanggal yang kita mau. Lalu ada @TheFeedReaderBot yang bisa bikin feed RSS di Telegram.

Fitur bawaan yang sangat berguna juga untuk menyimpan apapun di fitur "save message". Jadi disini bisa dikatakan merupakan fitur penyimpanan unlimited. mau teks, gambar, video, file apapun bisa. Jangan lupa kalau semua itu tanpa biaya.

Messages/Pesan

Ya ini standar lah ya, apalagi kalau ngga dibuat untuk terima spam. 😁

Becanda. App ini tetep berguna untuk menerima OTP dsb. Baik untuk login ataupun untuk perkara transaksi. Tapi saya termasuk yang belum mengaktifkan iMessage-nya karena di Indonesia jarang yang pakai, dan takut SMS biasa malah ngga sampai.

Spark

Spark ini salah satu aplikasi email terbaik, lintas Android iOS juga. Tapi sayang belum ada native di Windows. Jadi ya harus pakai versi web masing-masing kalau di Windows.

Dia bisa sync seluruh email yang kita punya dengan cukup login satu akun saja.

Cocok buat kamu yang punya banyak akun email. Ada unified inbox nya juga.

Travel

Lebih tepatnya belanja 😁 walau memang bisa buat jalan-jalan juga

Grab

Masih menjadi andalan dibandingkan dengan Gojek. Karena jelas, promo lebih banyak di Grab. Bakar uang masing kenceng bos.

Gojek

Ya walau menjadi pilihan kedua tapi untuk pembayaran QR, Gopay masih banyak promonya. Terutama kalau ada voucher-voucher cashback ajaib. Cashback-nya juga ngga masuk ke point apa ke reward, tapi langsung kembali lagi ke saldo utama. Mantab.

Tokopedia

Toko ijo ini jelas menjadi marketplace pilihan pertama. Pilihan barang banyak, cenderung lebih merasa aman dibanding Lazada dan JD. Apalagi untuk promo gratis ongkir dalam kota pakai Gojek yang sangat membantu.

Shopee

Nah marketplace oranye ini lebih banyak digunakan ketika ada promo angka kembar (1.1, 2.2, 3.3 dst) karena gratis ongkirnya bisa dipakai untuk banyak toko dalam satu keranjang, bukan hanya terbatas untuk satu toko.

Keunggulan lain adalah untuk mencari produk digital yang memang ngga ada ongkos kiri, seperti beli akun Spotify, Netflix dkk. Saya masih heran kenapa Tokopedia belum mengeluarkan fitur seperti ini.

Spotify

Jelas pilihan pertama untuk mendengarkan lagu ketika perjalanan berangkat dan pulang kerja. Secara suara memang ngga sebagus Apple Music, tapi pengalaman aplikasinya masih tetap lebih bagus dari Apple Music. Apple Music itu walau di iPhone tetap sering telat loading-nya.

News / Social

Instagram

Inilah dunia paling tipu-tipu didunia. Ya anggap aja kita mengikuti seperti TV yang berjalan terus yang menampilkan berita seseorang lagi ngapain dan kemana. Plus dengan filter kepalsuannya.

Jangan salah, seperti sinetron di TV yang tetep banyak penontonnya, Instagram juga begitu.

Twitter

Inilah aplikasi berita sebenarnya. Apalagi kalau home feed nya dirubah ke "latest/terbaru" dah berita paling baru pun akan ter-update terus.

Daripada kalau bosen buka IG lebih baik buka ini deh. Inilah dunia yang sebenarnya, bukan tipu-tipu lagi.

Flipboard

Aplikasi ini beneran aplikasi untuk berita, yang isinya bisa kita pilih dan dengan tampilan yang menarik.

Sumbernya bisa dari website, Twitter, Facebook, Reddit. Terserah kita.

Photo & Video

Photos

Ya ini aplikasi bawaan iPhone untuk melihat foto ngga lebih dari itu, kadang editor standar-nya juga kadang dipakai bila ingin update-update cepat. Selain itu aplikasi pengelolaan foto utama ada di Goggle Photos

Google Photos

Kalau kamu belum memakai aplikasi ini, segera deh pakai. Ini aplikasi pengelolaan dan backup foto terbaik saat ini. Walau sekarang tidak lagi benar-benar gratis, namun bila kita butuh untuk backup yang bisa diakses cepat dengan fitur-fitur yang bagus ini terbaik.

Fitur seperti pencarian yang spesifik seperti "langit", "pemandangan", "laut" akan mengeluarkan hasil pencarian dengan foto seperti yang kita minta.

Kamu akan terpukau bila kita mencari orang tertentu dan kita punya foto bayinya, maka Google Photos akan mengenali dari kecil sampai besar.

Aplikasi di dock

Phone

Jelas ini aplikasi utama untuk melakukan hal dasar mempunyai ponsel, untuk menelepon.

Safari

Ini aplikasi default untuk browsing internet. Iya memang ada aplikasi browser lain seperti Chrome, Edge, DuckDuckGo. Namun aplikasi browser di iOS pada dasarnya adalah Safari.

Karena teknologi untuk akses browser harus melalui WebKit semua.

2.5.6 Apps that browse the web must use the appropriate WebKit framework and WebKit Javascript.

Jadi buat apa pakai aplikasi lain kalau semua sama? toh fitur lain seperti Safari. Toh untuk pemblokir iklan pun saya sudah pakai NextDNS. Secara sistem segala query iklan terlah terblokir.

Kamera

Kamera bawaan jelas harus ada di-dock. Walau bisa akses dari lock screen tapi keberadaan kamera di-dock ini masih hal yang harus ada di homescreen.

Apalagi fitur-fitur kamera sudah lengkap termasuk cinematic mode yang paling baru.

WhatsApp

Inilah aplikasi pesan yang mengalahkan iMessage di negara tercinta ini. Sepertinya penggunaan aplikasi pesan yang sesuai dengan di US terakhir adalah BBM. Setelah itu WhatsApp menguasai sampai sekarang belam ada yang bisa menggantikan.

Kelemahan jelas ada, WA ini tidak berdasar cloud, jadi sampai sekarang tidak bisa berpindah-pindah device karena media penyimpanan masih manual berbentuk file backup.


Semoga ada beberapa hal yang menarik untuk bisa dicoba. Inginnya seperti ini bisa di-share setiap tahun. Kita lihat tahun depan, apakah ada perubahan yang signifikan.

Read more