devilpenakut.com versi 6

website 15 Des 2020

Pagi, siang, sore buat yang baca ini. Adakah yang sudah mengikuti website kecil ini dari dulu? Dulu website ini merupakan blog layaknya Twitter atau Tumblr jaman dulu. Tulisan keluh kesah, cerita tentang lagu apa yang didengarkan.

Perkembangan selanjutnya mulai suka mengulik sesuatu mulai dari Linux sampai ponsel pun di otak-atik. Ada juga cerita tentang game. Setelah itu website ini banyak cerita segala hal tentang teknologi dan turunannya, termasuk akhir-akhir ini masuk ke ranah digital.

Perubahan pembahasan yang semakin luas juga diiringi dengan perubahan desain. Dari awal sekedar theme standar dari WordPress sampai akhirnya mencari theme sendiri yang memang tersedia gratis di Internet.

Perubahan Desain

Versi 1

Versi awal menggunakan WordPress versi gratis dengan domain masih default.

Versi 2

Versi

Versi perubahan pertama lebih untuk memodernkan tampilan.

Versi 3

Pindah menggunakan hosting dan domain sendiri (devilpenakut.com) dengan tampilan lebih sederhana. Hosting masih menggunakan shared hosting dengan performa yang masih belum maksimal.

Versi 4

Dasar awal layout yang digunakan sampai sekarang, yaitu dengan kolom. Kiri untuk konten dan kanan untuk sidebar-nya. Pada saat ini website pernah down beberapa waktu karena masalah hosting yang di throttle karena akses yang terlalu banyak untuk kapasitas hosting yang saya sewa.

Karena itu saya pindah hosting yang lebih fleksibel untuk akses sekalian perubahan desain ke versi 5.

Versi 5

Ini versi terakhir sebelum perubahan saat ini. Secara layout masih sama dengan versi 4 namun dengan optimalisasi diperforma websitenya. Bagaimana bisa membuat pengunjung mengakses dengan seringan mungkin. Dengan hosting yang baru diharapkan tidak ada lagi permasalahan pembatasan akses atau throttling.

Upaya untuk lebih mempercepat

Dengan berbagai optimalisasi saya ingin website ini lebih cepat dibuka dan ringan. Sempat untuk mencoba dengan platform selain WordPress. Namun masih dalam uji coba/sandbox fitur yang diberikan belum selengkap WordPress. Karena itu masih saya tunda.

Upaya lain yang saya coba saat ini adalah menggunakan theme yang ringan dan dioptimalisasi untuk performa. Salah satunya adalah Neve.

Neve ini menjanjikan performa yang cepat, ringan dan mobile-first yang menuruh analisa website merupakan jenis layar paling banyak yang mengakses website ini.

Maka jadilah ini devilpenakut.com versi 6.

Tidak pernah berhenti

Saat ini saya belum puas dengan performanya. Karena secara hosting saya rasa tidak ada masalah, namun masih pada sisi kode WordPress yang belum maksimal. Saya masih belajar, masih berkembang.

Mungkin ada saran untuk optimalisasi yang lebih baik? Bisa tinggalkan komentar atau mention saya di Twitter.

Tag

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.