Beli iPhone 6 di 2020?

Ada apa dengan iPhone 6?

Kali ini saya akan sedikit cerita mengenai iPhone 6. Menariknya iPhone 6 ini pada pencarian Google dengan kata kunci “iPhone” masih mendominasi 5 besar selain iPhone 7 dan iPhone 11 yang baru diluncurkan.

Hasil keyword iPhone di Google

iPhone 6 ini merupakan salah satu iPhone dengan dasar desain yang masih dipakai sampai dengan iPhone 11 ini. Berbeda dengan pendahulunya iPhone 5 dan 5S, bentuknya lebih besar dengan ketipisan yang masih bagus untuk saat ini.

My new iphone
iPhone | Photographer: Olia Nayda | Source: Unsplash

Tapi kenapa iPhone 6? Bukan iPhone 6s atau iPhone 7 yang memang sudah sama-sama diluncurkan lama?. Kalau menurut saya sepertinya hal itu terjadi karena harganya yang sudah sangat murah untuk saat ini namun dengan model yang masih dianggap modern. Karenanya saya akan bahas satu-satu apakah iPhone 6 di 2020 apakah masih cukup untuk digunakan?

Layar

Percaya atau tidak teknologi LCD yang digunakan pada layar iPhone 6 masih digunakan sampai dengan iPhone 11. Memang, ukuran layar-nya beda namun secara resolusi secara kerapatan itu masih sama.

Layar iPhone | https://en.wikipedia.org/wiki/Retina_display

Jadi bisa dianggap layar iPhone 6 ini masih cukup untuk digunakan di tahun 2020 tentunya dengan ukuran layar yang kecil. Kenyamanan penggunaan layar 4.7 inch itu berbeda dengan penggunaan layar diatas 6 inch yang rata-rata di ponsel murah seharga Rp2.000.000 sudah bisa didapatkan.

Prosesor

iPhone 6 menggunakan chip A8. Saya masih menggunakan iPhone 6S sampai dengan sekarang. Dengan beda rilis satu tahun dengan iPhone 6 saya rada masih cukup relevan. Untuk penggunaan berat, iPhone 6S ini sudah mulai kedodoran, namun untuk penggunaan sosial media seperti Instagram, Twitter, mendengarkan musik di Spotify atau bahkan menonton Netflix masih nyaman menurut saya.

Prosesor iPhone 6 | By Henriok – Own work, CC0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=35259104

Kalau sudah masuk ke game mulai terasa bahwa loading-nya lama lalu ketika di dalam game kadang-kadang ada beberapa shutter lag ketika grafik itu semakin berat.

Baterai

Dengan umur yang sudah 5 tahun lalu maka bisa dipastikan baterainya sudah tidak berfungsi optimal. Untuk saya sendiri yang masih memakai sampai dengan sekarang untuk iPhone 6s pun itu hanya bisa bertahan setengah hari. Memang iPhone saya ini harus sudah ganti baterai, tapi ya karena sebagai ponsel kedua maka saya biarkan saja. Maka kecuali barangnya benar-benar baru (yang pasti langka) atau barang refurbished yang kualitasnya bagus maka bisa dipastikan bahwa baterainya sudah tidak maksimal. Apalagi jika akan digunakan untuk bermain game.

Kamera

Jika dibandingkan dengan kamera ponsel satu Android setengah jutaan saja, kamera iPhone 6 ini sudah saya anggap ketinggalan zaman. Terutama untuk kondisi kurang cahaya. Mungkin untuk kondisi di luar ruang yang banyak cahaya kamera masih bisa diandalkan walaupun warnanya tidak terlalu keluar seperti ponsel Android yang satu setengah juta. Khas iPhone yang warnanya natural.

Namun sekedar foto selfie dan foto-foto ringan di sosial media saya rasa masih cukup. Jangan mengharapkan lebih karena umurnya sudah lama. Untuk video masih lumayan dengan catatan tetap harus di kondisi banyak cahaya. Kalau sudah kurang cahaya, sama seperti foto, hasil videonya juga tidak terlalu bagus.

Photographer: Michael Browning | Source: Unsplash

Kesimpulan

Di lokapasar seperti Tokopedia/BL, harga iPhone 6 banyak dijual di harga sekitar Rp2.000.000 . Apakah masih cukup menarik untuk digunakan di tahun 2020? Kalau kamu termasuk golongan:

1. Pengguna ponsel Android di bawah satu setengah juta.

2. Kamu yang sebelumnya memiliki seri iPhone 4 atau iPhone 5

Selain dua golongan itu hindarilah 6. Cari iPhone seri 7, 8 atau sekalian iPhone XR.

Tinggalkan Balasan

Contact me:

%d blogger menyukai ini: