2 min read

Custom Subtitle untuk Netflix

Saya lagi nonton ini di Netflix.

 

Buat yang belum tahu, kamu harus nonton film ini. Berbahasa spanyol, namun mempunyai cerita yang seru.

 

Tapi, seperti sebagian besar koleksi Netflix, tidak (belum) mempunyai subtitle bahasa indonesia. Untunglah namanya internet, tetap ada solusi.

Solusi ini berguna untuk kamu yang menonton Netflix menggunakan browser di PC/Mac dan menggunakan browser Chrome. Buat yang menggunakan aplkasi di ponsel masih belum ada solusi.

Tool yang berguna untuk memunculkan custom subtitle ketika menonton Netflix adalah ekstensi Chrome bernama Super Netflix.

 

Walau ada beberapa kegunaan lain seperti memilih manual kualitas video, meningkatkan kecerahan video, dan menampilkan info. Kegunaan untuk bisa menampilkan custom subtitle sangat berguna bagi pengguna Netflix di Indonesia.

Kalau kamu yang sering mencari subtitle di internet biasanya berakhiran ‘.SRT’, namun untuk Netflix ini menggunakan akhiran ‘.DFXP’. Untuk merubah dari SRT ke DFXP diperlukan tool konversi lebih dahulu. Saya menggunakan tool online bernama SubFlicks.

 

Pada halaman SubFlicks kita tinggal memilih untuk upload subtitle SRT kita secara otomatis nanti tinggal kita download untuk DFXP. Ada fitur untuk resync apabila file subtitle yang kita punya tidak sesuai dengan dialog yang ada di Netflix.

Kalau kita tidak punya file SRT nya pun, kita bisa mencari dibagian bawah apabila ada user lain yang sudah melakukan upload subtitle dari film yang kita mau.

 

Kalau sudah mendapatkan file DFXP dan ekstensi Super Netflix sudah di install, maka langsung buka serial/film di Netflix nanti dibagian kanan ada option tambahan dari Super Netflix. Di option paling atas bisa di klik untuk upload file subtitle DFXP yang tadi kita download.

 

Sekarang kita bisa melihat subtitle bahasa indonesia di Netflix walau tidak disediakan oleh Netflix.

Ada pertanyaan? silahkan mention saya di Twitter @devilpenakut