1 min read

Menunggu Smartfren mau mengeluarkan lagi modem router tanpa baterai

Beberapa waktu lalu Smartfren pernah mengeluarkan modem router yang tersambung ke listrik, kalau tidak salah tipenya adalah RE-251.

Modem router RE251
(https://modem-techno.blogspot.com/2010/08/re251-cdma-evdo-router-modem.html)

Tanpa menggunakan baterai, yang berarti tidak bisa dibawa kemana-mana. Namun mempunyai keunggulan router itu bakal bisa bertahan lama tanpa takut bahwa dengan baterai rusak maka router itu akan rusak juga atau perlu ganti baru ketika baterai nya sudah mengembung karena selalu dicolok ke adaptor. Bagaimana jika Smartfren mengeluarkan lagi sebuah router yang tidak mempunyai baterai.

Kenapa modem router tanpa baterai menarik? Modem router digunakan untuk sumber internet di rumah atau dikantor atau distemper mana pun yang tidak membutuhkan mobilitas.
Modem router Smartfren digunakan karena jaringannya yang cukup stabil dan jangkauan 4G nya yang lebih baik dibanding dengan operator lain saat ini.

Jangkauan memang menjadi kunci Smartfren sekarang. Ketika saya ke Blora Jawa Tengah, satu-satunya operator yang mempunyai jaringan 4G adalah Smartfren. Kestabilan, kecepatan dan jangkauan membuat Smartfren menjadi idola di daerah seperti itu.

Namun juga demikian di kota. Memang seperti saya di Jogja ini 4G bisa ditemukan hampir di semua operator. Telkomsel, XL, Indosat sudah berjalan di 4G. Namun untuk di rumah yang juga membutuhkan jaringan kecepatan tinggi sebetulnya lebih cocok untuk menggunakan jaringan fixed line seperti fiber. Nah, untuk fiber ini jaringan masih menjadi kendala. Telkom dan Biznet sudah menjalankan bisnis fibernya di Jogja, namun pengembangan jaringan fiber tentu butuh modal besar karenanya terletak pada jalur-jalur utama. Rumah saya yang tidak berada pada jalur utama terpaksa belum bisa menggunakan layanan Telkom (Indihome) apalagi Biznet.

Solusinya adalah jaringan wireless. Bisa menggunakan wifi atau broadband. Wifi punya permasalahan yang sudah saya tulis disini. Nah untuk broadband saat ini permasalahannya ada pada modem nya yang seperti saya ceritakan tadi. Jadi sangat menarik apabila Smartfren atau operator 4G lain mengeluarkan modem router yang fixed, bukan mobile, tanpa baterai yang bisa digunakan 24 jam menggunakan colokan listrik.

Smartfren bisa mengeluarkan modem seperti itu lagi?

(Featured image: Router by Fitch Carrere)