Kendala provider internet wireless

Citranet gencar promosi untuk paket Mylink dan paket Soho nya. Tapi masalah dari Wireless Internet adalah tower dari perangkat antena nya yang membutuhkan ketinggian tertentu, dan itu tidak murah.

Mylink Citranet

Satu stik untuk tower yang mempunyai ketinggian 4 meter seharga 500+600rb. Kalau daerah calon pelanggan merupakan dataran tinggi atau mempunyai gedung yang tinggi mungkin tidak masalah, namun apabila daerahnya merupakan dataran rendah dan tidak mempunyai gedung tinggi maka memerlukan investasi antena yang tinggi. Padahal kondisi tersebut merupakan kondisi umum, calon pelanggan bisa membutuhkan 4-5 stik plus biaya registrasi sebesar 650 ribu untuk reciever yang berarti untuk awalnya bisa habis minimal 2.6-3 juta. Itu minimal.

Tower

Padahal dengan berlangganan internet kabel seperti Indihome atau Biznet investasi sebanyak itu tidak diperlukan. Indihome yang saya tahu sekitar 75-100 ribu untuk biaya pemasangan. Kecuali pada peraturan baru ada biaya ‘deposit’ sebesar 500 ribu. Jauh lebih murah.

Itulah mengapa dengan harga bulanan yang cukup murah (150 ribu) internet wireless sepertinya masih sulit berkembang. Kecuali penyedia paket wireless itu juga menyewakan tower nya yang dimasukkan kedalam biaya bulanan. Misal menjadi 200 atau 250 ribu namun disewakan antena. Kemungkinan itu bisa lebih menarik. Citranet mau coba?

(Featured image: Atlanta Magazine by R A D I O)

One thought on “Kendala provider internet wireless”

  1. Pingback: Menunggu Smartfren mau mengeluarkan lagi modem router tanpa baterai – devilpenakut
  2. Trackback: Menunggu Smartfren mau mengeluarkan lagi modem router tanpa baterai – devilpenakut

Leave a Reply

%d bloggers like this: