Perusahan alat rumah tangga kok beli perusahaan robot?

Tau Midea? Saya pakai Midea sebagai mesin cuci dirumah. Midea adalah penyedia peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, AC, lemari es dll. Midea berasal dari Tiongkok.

midea-logo

Baru baru ini ada kabar Midea akan membeli produsen robot industri dari Jerman bernama Kuka. Midea, perusahaan alat rumah tangga beli robot? Buat apa?

Ternyata bukan hanya di Indonesia, permasalahan tenaga kerja juga dialami perusahaan di Tiongkok. Tenaga kerja disana terkenal murah, namun Midea menganggap akan lebih efisien bila menggunakan robot. Plus tidak akan ada pemogokan karena permintaan untuk naik gaji dan permasalahan tenaga kerja lainnya.

Selain itu, perusahaan Tiongkok sepertinya memang kelebihan likuiditas dalam arti butuh investasi atas uang yang dimiliki yang sudah tidak bisa dilakukan di dalam negeri. Maka cara nya adalah dengan investasi ke luar negeri.

Midea sendiri sudah membeli divisi consumer electronics – nya Toshiba. Setelah itu sudah mencoba untuk membeli divisi alat rumah tangga GE yang akhirnya diambil Haier yang merupakan perusahaan Tiongkok juga.


Ngeri kan ketika tenaga kerja dengan keahlian rendah mulai digantikan dengan robot. Indonesia mungkin akan ke arah itu juga. Dimana coba mereka akan bekerja.  Tenaga kerja seperti itu memang seharusnya untuk menambah keahlian menjadi tenaga kerja dengan keahlian khusus yang tidak bisa disamai oleh robot (dalam waktu dekat). Selain tanggung tenaga kerja itu sendiri pemerintah harus sudah mulai memikirkan.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: