Sedikit Kata Motivasi

Sabtu kemarin (18 Januari 2014) saya menghadiri rapat kerja dari kantor saya. Dan ternyata ada sesi motivasi yang dihadiri oleh Mario Teguh. Seorang motivator yang luar biasa. Bukan membuat kita bersemangat dengan teriakan-teriakan dan gerakan-gerakan yang tidak perlu namun sekedar memberi pencerahan dengan kata-kata nya yang menohok.

Ada beberapa kalimat motivasi yang berhasil saya dapat dari beliau yang bisa saya bagikan di sini:

Jangan kerja pada angka

Ketika kita bekerja, berusaha jangan pernah berpikiran pada angka atau hasil akhir. Lihat prosesnya. Hasil akhir memang penting, namun jika proses itu berjalan dengan baik dipastikan hasil yang kita dapat akan tercapai.

Ambil sesuatu yang kecil

Mulailah semuanya dari hal yang kecil. Jangan langsung ingin mengambil sesuatu yang besar yang di luar kemampuan kita. Menyambung dari proses tadi di atas, proses itu bagian dari hal yang kecil-kecil itu.

Menyayangi diri, angkat derajat. Jadi diri yang lebih mahal.

Kadang kita tidak menyadari potensi diri kita sendiri. Karenanya kita harus belajar menyayangi diri kita sendiri, mengangkat derajat kita di depan umum, dan menjadi diri yang mahal bila dilihat orang. Bagaimana caranya? belajar dari orang lain yang berhasil menjual dirinya, termasuk dari Mario Teguh itu sendiri

Cari penolakan, cari NO

Hal yang terpenting dari seorang pemasar. Kadang dalam melakukan kegiatan pemasaran kita lupa bahwa proses untuk menuju YES atau penerimaan atas apa yang kita jual tergantung dari bagaimana kita mencari jawaban YES tersebut. Nah kalau kita tidak pernah mendapat NO, tidak pernah bertemu dengan orang untuk mendapatkan YES, bagaimana kita bisa mendapatkannya. Karenanya kejar NO karena diantara NO pasti ada YES.

Banyak pertemuan

Menyambung hal di atas banyaklah melakukan pertemuan dengan orang, selain berguna bagi pemasar juga berguna untuk menaikkan derajat kita.

Cari kebutuhan nasabah

Lupakan menawarkan semua produk yang kita punya kepada calon konsumen. Tapi cari apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Kenapa dia tidak mau produk kita? kenapa dia menolak kita?

Bayangkan pikiran positif ketika bertemu nasabah

Selalu berfikir positif ketika bertemu dengan calon konsumen. Bahkan menganggap positif sebuah NO. Dengan begitu tidak ada pertanyaan dari calon konsumen untuk adanya penolakan.

Tampil untuk terlihat orang besar

Sebuah status keluar pagi ini dari teman yang tidak suka melihat temannya ‘menjilat’ ketika datang waktu penilaian tahunan. Kata Mario Teguh, ‘menjilat’ itu harus, dalam arti positif. Kita harus terlihat oleh orang-orang besar di atas kita. Kita harus dianggap positif dari atasan kalau kita bekerja di suatu perusahaan. Kecuali kamu merupakan orang besar itu.

Keberhasilan karena Tuhan

Terakhir, jangan pernah lupa. Keberhasilan, kesuksesan itu karena Tuhan. Jangan lupa bersyukur dan berdoa.

Leave a Reply

%d bloggers like this: