1 min read

Unlock ZTE MF622 (Modem IM2)

mf622

Tinggal 2 bulan lagi kontrak IM2 saya habis. Semakin lama juga kecepatan IM2 semakin melambat. Saatnya mencari cara agar modem bawaan IM2 ini bisa digunakan/dicoba menggunakan operator lain, dengan arti lain modem ini harus di unlock.

Setelah browsing saya menemukan sofware unlocker bernama Dc-Unlocker. Apakah DC-Unlocker ini?

* DC unlocker adalah program khusus untuk data kartu unlocking.
* Merupakan universal unlocking product
* Cepat (memerlukan waktu 5 – 60 detik untuk membuka), mudah digunakan dan fungsional dengan menggunakan program dengan antarmuka yang jelas.
* Tidak perlu kabel atau adaptor khusus untuk unlocking. Modem dapat dibuka seperti akan digunakan.
* Model-model baru yang terus ditambahkan.
* Tidak perlu pilih COM port, otomatis mendeteksi fungsi.
* Gratis update.

Namun memang, program ini tidak gratis. Namun dari beberapa forum yg ada sepertinya DC-Unlocker ini cukup berhasil, walaupun saya belum dapat mencobanya karena masih dalam masa kontrak (takut klo terjadi sesuatu). Untuk Unlock MF622 membutuhkan biaya 15 EUR(sekitar 200rb) Walau berbayar sepertinya akan lebih murah apabila harus membeli modem lagi jika ingin ganti operator. Atau jika tidak mau repot dapat menghubungi para penyedia jasa unlocker dengan harga yg biasanya lebih murah lagi.

*Update :

Modem ZTE MF622 sudah berhasil saya unlock dengan menggunakan DC-Unlocker ini dengan membeli user name dan passwordnya.

Sebelum unlock dan beli username dan password dipastikan modem belum ter-unlock (karena ada beberapa ternyata modemnya sudah unlock) dan terdeteksi pada DC-Unlocker. Semua itu bisa di cek dengan memasukkan kartu operator bukan bawaan modem, nyalakan software bawaan dan matikan lalu di search di DC-Unlocker, bila ada tulisan locked berarti bisa di unlock.

Selanjutnya siapkan koneksi selain dari modem yang akan di unlock (misal dengan hp / lan / modem lain) klo bisa dipastikan koneksi stabil. Masukkan username dan password di DC-Unlocker lalu login dan pada menu unlocking tekan unlock. Tunggu tidak sampai 20 detik. Jika sofware modem sudah mendapatkan sinyal maka modem telah terbuka untuk semua operator.

Berikut video tutorial dari web resmi nya:

Update: Ada yang gratis lihat comment oleh Agung