Nokia Map Untuk Navigasi

Tulisan ini bukan bermaksud untuk promosi terhadap merek Nokia, namun berdasarkan pengalaman pribadi. Beberapa waktu lalu saya membeli nokia N81, memang bukan merupakan ponsel dengan kemampuan GPS, tapi didalamnya sudah terdapat aplikasi Nokia Map. Pada awalnya aplikasi ini saya anggap sebagai tambahan saja dan berguna hanya ketika saya mempunyai modul GPS melalui bluetooth. Lagipula ketika saya membuka aplikasi ini langsung terkoneksi dengan internet dan menggunakan tampilan layaknya google earth yang memakan bandwidth banyak.

Namun setelah saya explore lebih dalam ternyata Nokia Map dapat menampilkan peta lebih detail menggunakan peta dari TeleAtlas sebuah perusahaan pembuat peta navigasi. Nah, untuk tidak menghabiskan bandwidth banyak melalui ponsel maka saya menggunakan koneksi IM2 saya yang berjalan di Laptop dengan disharingkan melalui Access Point. Dengan begitu, karena N81 mempunyai akses wifi maka download peta dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan tidak mengeluarkan biaya banyak (karena include dengan tagihan internet yg unlimited). Setelah peta tersebut terdownload ketika kita akan mengunakan tidak perlu melakukan koneksi lagi.

Kegunaan peta itu terasa setelah pada suatu saat saya di suruh untuk mengantarkan sebuah surat dari kantor saya (merupakan surat berharga maka harus langsung kepada orangnya) yang alamatnya belum saya ketahui. Maka saya gunakan Nokia Map tersebut, disini saya tidak menggunakan modul GPS namun karena saya mengetahui tempat saya berada saya bisa memasukkan sebagai rute awal perjalanan saya di Nokia Map sedang untuk tujuannya saya hanya memasukkan nama jalan di fitur search dan letak jalan tersebut keluar di Nokia Map lalu saya amasukkan sebagai rute akhir. Dengan pilihan Calculate Route maka Nokia Map telah menunjukkan rute tercepat menuju ke tempat tersebut tanpa harus menggunakan modul GPS.

Sekarang, kesenangan saya adalah mencari rute-rute tercepat beberapa tujuan rutin saya, dan hebatnya ada jalan-jalan baru yang akhirnya mempercepat ke tujuan saya. Semoga sedikit cerita ini membantu bagi teman-teman yang mempunyai Nokia Map di handphonenya namun enggan untuk menggunakan.

Seperti biasa jika ada pertanyaan dapan ditanyakan di bagian comment.

3 thoughts on “Nokia Map Untuk Navigasi”

  1. krisna says:

    tlng donk,,kenapa sìh 6120classic punyaku gak bisa buat link steaming?

    1. devilpenakut says:

      TIdak kuat dlm arti gmn? tidak lancar koneksinya? kalau koneksi tergantung operator nya..

  2. edwardgr says:

    halo salam kenal, saya juga pake nokia, 6120c belum ada GPSnya 🙁 , jadi seperti anda cuma bisa mode offline.
    kyknya sih memang nokia maps paling mudah koq tapi sayang petanya cuma jawa, bali aja, hehehe.

Leave a Reply

%d bloggers like this: