Opera GX, apa itu?

Opera GX adalah browser yang dikeluarkan oleh Opera yang khusus diciptakan untuk para gamer. Namun menurut saya ini bisa digunakan untuk kamu yang biasa buka browser namun juga menggunakan aplikasi lain seperti Photoshop atau editing lainnya yang membutuhkan resouce besar.

Cerita pertama mulai mengenai Opera GX ini. Browser ini tidak beda dengan Opera browser biasa dengan ada beberapa setingan yang khusus. Settingan khususnya adalah bisa mengatur resolusi komputer seperti CPU dan RAM yang digunakan oleh browser ini sesuai dengan keinginan kita.

Jadi misal kita lagi main game nih dengar resource yang besar. Kita punya 8 giga RAM, nah si browser ini kadang tidak ada batasan penggunaan RAM-nya sehingga dia mengambil banyak RAM dari beberapa website yang kita buka atau browser itu sendiri sehingga menyebabkan game atau aplikasi berarti kita jalankan menjadi tersendat.

Dengan adanya pengaturan ini, RAM dan CPU browser terbatas pada setting yang kita mau. Misal kita batasi 75% dari total CPU dan RAM-nya kita batasi hanya boleh memakan 2 giga dari 8 giga total. Selain itu ada beberapa fitur kosmetik seperti perbahan warna neon pada pinggiran browser yang bisa kita ganti-ganti warna sesuai dengan rig PC game yang kita pakai. Oh ya ada tambahan sedikit di bagian kosmetik adalah adanya suara-suara seperti kita kalau main game, namun itu opsional bisa dihilangkan.

Selain fitur kosmetik tadi, fitur-fitur standar dari Opera standar tetap ada seperti sidebar, tab berita, pemblokir iklan dan VPN.

Kenapa browser ini cocok untuk bukan hanya gamer saja namun juga pengguna biasa?. Setting maksimal CPU dan RAM yang bisa dipakai oleh browser itu sangat menguntungkan bila sering buka browser juga namun menggunakan aplikasi lain yang berat seperti Photoshop. Kita tidak mau browser yang kita buka untuk mencari bahan atau ide namun Ā memperlambat Photoshop yang kita buka. Pasti yang lebih penting adalah aplikasi produktif yang kita buka selain browser tersebut, makanya dengan adanya settingan CPU dan RAM-nya terbatas ini membuat aplikasi utama yang kita buka ini menjadi tetap berperforma seperti apa yang kita mau.

Settingan yang saya pakai di PC saya adalah dengan pembatasan RAM 1 giga dan CPU hanya 75% dari total. Ternyata pembatasan RAM 1 giga ini tidak terlalu mengganggu di browser namun membuat aplikasi lain menjadi berjalan dengan lancar.

Jadi kamu bisa coba lagi sekarang, kalau di Indonesia bisa buka opera.com. Saat ini hanya tersedia di Windows saja karena baru early access. Semoga ketika resmi nanti juga akan tersedia untuk Mac.

Silakan kalau kalian sudah mencoba bisa meninggalkan komentar atau mention di Twitter terima kasih

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: