Pocket Bot

Saya suka memakai Pocket untuk menyimpan artikel yang menarik dari web yang belum sempat saya baca. Masalahnya aplikasi Pocket terutama di iOS banyak memakan tempat penyimpanan. Padahal untuk membaca saya tetap suka menggunakan versi web nya di desktop.

 

getpocket.com

 

Kenapa saya membutuhkan aplikasi nya? Karena untuk menyimpan artikel dari browser di ponsel/tablet bisa langsung share to Pocket.

Nah bagaimana cara bisa menyimpan di Pocket tapi tanpa aplikasinya?

Untuk beberapa aplikasi seperti Flipboard, sudah diinstal langsung untuk menyimpan ke Pocket, namun untuk banyak aplikasi lainnya tidak tersedia, dan bergantung share dari aplikasi Pocket.

Nah, akhirnya saya menemukan cara untuk menyimpan di Pocket tanpa install aplikasinya yaitu menggunakan Pocket Bot di aplikasi Telegram. Telegram itu aplikasi untuk bertukar pesan seperti Whatsapp, namun beda dengan WA, Telegram bisa menggunakan bot seperti halnya Facebook Messenger. Fitur itu yang bisa digunakan pengembang untuk menanamkan aplikasi di dalam aplikasi Telegram.

Screenshot-2018-1-9 Telegram Web

Untuk menyimpan link ke Pocket menggunakan Telegram dengan bot itu, cukup untuk mengirimkan pesan ke Pocket Bot seperti kita share link ke WA. Nanti secara otomatis link yang kita kirimkan melalui pesan Telegram itu akan tersimpan di Pocket.

Hal itu membuat ruang penyimpanan masih aman karena tidak ada aplikasi tambahan yang perlu dipasang dan juga masih tetap mudah untuk menyimpan link.

Apakah ada bot Telegram lain yang menurut kamu berguna? Bisa share di kolom komentar.

Leave a Reply

%d bloggers like this: