2 min read

Cara akses Netflix yang diblokir memakai VPN

Cara akses Netflix yang diblokir memakai VPN

Mari ngobrol Netflix lagi. Beberapa lalu saya pernah cerita, kalau Indihome sampai dengan sekarang masih melakukan blokir akses ke Netflix. Salah satu cara menembusnya adalah dengan menggunakan VPN.

Saya rasa penggunaan VPN ini bukan sesuatu yang salah dari sisi konsumen, konsumen bayar akses ke Telkom, konsumen bayar akses ke Netflix secara legal. Namun apa daya kekuatan konsumen terhadap ISP tidak kuat di negeri ini. Pilihannya ganti ISP atau pakai cara lain, dengan VPN.

Pakai VPN juga bukan sembarang VPN, VPN nya harus mempunyai fitur unblock Netflix, dan mempunyai server di Indonesia (agar konsumen dari sisi Netflix tetap legal).

Salah satu VPN yang saya coba dan berhasil adalah PrivateVPN.

Server di Indonesia

Pertama yang harus dipastikan ada server itu menggunakan server di Indonesia. Walau dengan menggunakan VPN dan mengakses Netflix menggunakan server negara lain bisa membuka geo-blocking di Netflix, namun saya tidak menyarankan karena itu berarti ilegal.

Mendukung Netflix

PrivateVPN ini mengatakan bisa digunakan untuk Netflix, kalau untuk saya intinya adalah ketika sudah akses Netflix dengan menggunakan server Indonesia Netflix tidak melakukan blokir lagi karena menggunakan VPN

Harga

Ada harga yang harus dibayar lebih untuk akses Netflix di Indihome. Memang saya pernah mendapatkan aplikasi VPN gratis seperti Betternet bisa memainkan Netflix namun dengan kualitas rendah karena bandwidh.

Makeuseof mengatakan:

Screen Shot 2017-10-18 at 08.55.10.png

Untuk PrivateVPN sendiri harga yang harus dibayar mulai dari $4,15 (Rp56 081) sampai $8.21 (Rp110 945) @18 Okt 2017

Screen Shot 2017-10-18 at 08.34.31.png

Setting

Setelah mendaftar layanan VPN, selanjutnya adalah menggunakannya di device kita. Untuk PrivateVPN ada beberapa cara.

Bisa menggunakan aplikasi/software yang disediakan PrivateVPN, atau menggunakan cara manual lain seperti di Router

Saya sendiri, bila di Android menggunakan aplikasi, namun untuk dirumah saya melakukan setting melalui router yang berbeda dengan router yang disediakan oleh Telkom.

Kalau kamu punya router yang bisa menggunakan VPN dipastikan mudah untuk setting-nya. Minimal router harus bisa support OpenVPN, L2TP, atau PPTP. Cukup masukkan server Indonesia yang disediakan oleh PrivateVPN, masukkan username dan password akun kita. Setelah itu seharusnya bisa langsung terkoneksi ke PrivateVPN

Namun….ada masalah lain di Indihome, walau sudah menggunakan VPN, karena Indihome menggunakan DNS Inject yang merubah DNS yang sudah kita setting di router maka pada awalnya Netflix masih belum bisa diakses. Namun dengan mengganti DNS dimasing-masing device (saya menggunakan DNS Google) bisa akses ke Netflix.

Chromecast pun bisa akses Netflix menggunakan konfigurasi tersebut di router.

Bagaimana? Ada pengalaman menggunakan VPN untuk akses Netflix? Share di kolom komentar atau mention saya di Twitter