2 min read

Indosat VPN

Indosat VPN

Bagaimana pengaruhnya?

Screenshot_20170305-130816

Bagi pengguna Indosat mungkin tidak awam dengan aplikasi MyCare Indosat yang sekarang berubah menjadi MYIM3.

Walau sempat kacau diawal namun saat ini apllikasi MYIM3 bisa dianggap sudah banyak fitur baru, tapi tidak menhilangkan keanehan selalu minta login ketika memuka aplikasi ini.

Salah satu fitur yang menarik adalah fitur ‘kontrol’ dimana merupakan Mode Hemat Data menurut Indosat. Tentunya dengan hemat data juga hemat uang, karena pengeluaran untuk beli paket data berkurang.

Ternyata, dalam mode hemat data ini Indosat memakai VPN khusus. Jadi pronsipnya sama dengan mode hemat data Opera MAX.

Kecepatan

Bagaimana dengan kecepatan menggunakan ‘Indosat VPN’ ini ? Tentunya dengan menggunakan VPN maka akan ada pengurangan kecepatan karena terjadi perputaran jalur.

Ini adalah kecepatan yang dites menggunakan layanan Fast sebelum menggukanan mode hemat data

Screenshot_20170305-130852

Setelah menggunakan mode hemat data terjadi pengurangan kecepatan namun tidak terlalu drastis

Screenshot_20170305-131012

Kecepatan ini memang tergantung kecepatan jaringan asli. Ketika saya coba ini menggunakan jaringan MNC Play yang /download/-nya upto 7 Mbps.

Namun ketika saya coba menggunakan jaringan Indosat yang memang tidak bagus maka kecepatan ketika memakai mode hemat data ini makin membuat sedih.

Oh iya ini tambahan perbandingan ketika memakai Opera VPN

Screenshot_20170305-135711

Ternyata kecepatannya jauh menurun. Lebih baik menggunakan mode hemat data.

Hemat Data?

Screenshot_20170305-131133

Tadi saya sempat coba dari pagi, namun penghematan yang saya dapat cuma 0,05 Mb atau 50 Kb. tidak terlalu signifikan. Mungkin perlu coba lebih lama lagi.

VPN di Indihome membuka akses Netflix?

Kalau memang penurunan kecepatan tidak terlalu banyak, bagaimana bisa VPN ini digunakan untuk membuka blokir Indihome terhadap aplikasi Netflix. Kita tahu, Indosat tidak memblokir aplikasi Netflix, yang berarti seharusnya Netflix bisa diakses menggunakan ‘VPN Indosat’ ini.

Sekarang karena saya menggunakan jaringan MNC Play yang tidak memblokir Netflix baik menggunakan mode hemat data maupun tidak saya dapat mengakses Netflix. Nanti saya coba ketika saya berada dijaringan Indihome.

Update

Ternyata tidak pengaruh. VPN ini hanya berguna untuk penghemat data saja seperti fungsi awalnya. IP masih merupakan IP asli, dan Netflix masih diblokir.


Jadi kamu sudah coba? coba mention saya di Twitter @devilpenakut atau tinggalkan komentar dibawah.