Masalah sederhana keyboard wireless MK220 dengan MacOS

“Bulan kemarin produksi saya terhambat”, kata nasabah. “Gara-gara mesin ada yang rusak, namun saya salah ketika memperbaikinya”. “Harusnya rusaknya sederhana, namun saya terlanjur membongkar semua”.

Kadang memang kita kalau melihat masalah adalah bagian besarnya. Namun yang tidak kita mengerti kadang suatu masalah itu bisa dibetulkan dengan cara yang sederhana. Contoh nasabah tersebut, dan pengalaman saya dengan keyboard wireless baru-baru ini.

Saya berencana mencoba menyambungkan Macbook Air jadul ke TV menggunakan kabel HDMI. Port Thunderbolt ke HDMI sudah dibeli. Namun tidak enak dong kalau mau mengoperasikan Macbook itu harus datang ke depan TV. Maka digunakan keyboard dan mouse wireless agar bisa dioperasikan dari jarak jauh.

Saya sudah punya keyboard dan mouse wireless, sebelumnya saya pakai di PC, Logitech MK220. Produk yang cukup simpel dan enak digunakan, kecuali terkait baterai keyboard-nya. Saya sambungkan dongle-nya ke Macbook, ternyata mouse langsung terbaca namun keyboard-nya tidak.

MK220

Saya cari permasalahan di internet. Tidak ada yang mengalami masalah serupa. Saya coba cari dukungan kemungkinan ada update driver atau software yang harus di-install. Ternyata tidak ada untuk MacOS. Wah, saya berpikiran ini produk tidak bisa untuk MacOS. Saya sempat untuk mencari keyboard bluetooth lain karena berpikir ini pasti masalah dongle yang tidak cocok. Kalau langsung pakai bluetooth pasti cocok. Namun kemudian saya ingat masalah yang sering saya alami di PC.

Baterai.

Yap, baterai keyboard MK220 yang saya punya ini dibilang cukup boros. Dikatakan bisa tahan sampai dengan 24 bulan, pengalaman saya dengan baterai alkaline cuma bisa bertahan kemungkinan 1-2 bulan dengan penggunaan yang jarang. Dari beberapa cara yang saya coba tadi saya memang belum menyentuh baterai ini. Ternyata, baterainya habis dong. Ketika sudah diganti langsung bisa digunakan itu keyboard.

Sederhana bukan? Tapi sebelumnya menghabiskan waktu untuk mencari dan mencoba. Coba kalau dari awal dicek dulu baterainya. Jadi, sebelum pusing dari suatu masalah, coba cari sumber-sumber sederhana yang menyebabkan masalah itu.

Leave a Reply

%d bloggers like this: