1 min read

Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan Telegraph

Telegram baru aja mengeluarkan beberapa fitur baru di aplikasi Telegram nya. Tapi ada satu fitur yang ternyata merupakan produk baru, yaitu Telegraph.

a publishing tool that lets you create rich posts with markdown, photos, and all sorts of embedded stuff.

Intinya di Telegraph ini adalah kita bisa posting tulisan yang didalamnya ada foto, link embed tanpa harus mendaftar sesuatu. Mirip tulisan di blog namun anonim. Oh iya jangan lupa ini juga gratis.

Publishing

Publishing disini akan berguna jika selanjutnya digunakan dalam Telegram Channel. Mirip dengan kita punya detik.com sendiri yang akan di share di Telegram Channel. Tidak perlu setting website, bayar macam-macam. Semua gratis.

Blog

Bisa aja kita menggunakan sebagai blog lalu di share di media sosial kita. Daripada pakai tweetstorm yang panjang, mending pakai Telegraph.

Tulisan anonim

Di Telegraph kita bisa menggunakan nama siapa yang menulis terserah kita. Mau menjadi Obama, Jokowi atau Ahok juga bisa.

Merangkum Twitter (hati-hati Moment)

Karena bisa embed cuitan Twitter maka bisa merangkum banyak postingan menjadi satu topik.

Misal kita sedang melakukan riset atas suatu hal, maka Telegraph bisa menjadi tempat menyimpan link-link atau tulisan yang sudah kita temukan.


Itu beberapa hal yang bisa dilakukan menggunakan Telegraph menurut saya. Bagaimana menurut kamu? Mention saya di Twitter juga ya.