3 min read

Perangkat iOS Anda Terkunci Karena Lupa Password atau Passcode?

Apa yang harus dilakukan jika Anda lupa atau tidak dapat mengingat kode sandi / password / passcode pada perangkat iOS ( iPhone / iPad / iPod ).

Beberapa saat lalu saya menerima komentar mengenai bagaimana bila perangkat iOS terkunci karena lupa password/passcode. Sebenarnya ini sudah di jelaskan oleh Apple, namun tidak salahnya saya tulis kembali disini.

Apa yang harus dilakukan jika Anda lupa atau tidak dapat mengingat kode sandi/password/passcode, atau jika Anda melihat pesan merah “dimatikan/disabled”.

Saat Anda mengatur kode sandi untuk mengamankan penggunaan iPhone, iPad, atau iPod touch, lalu memasukkan kode yang salah, Anda akan melihat pesan merah “dimatikan/disabled”. Jika Anda lupa atau tidak dapat mengingat kode sandi, ikuti langkah-langkah di dalam artikel ini untuk menyelesaikan masalah.

Jika Anda memasukkan kode yang salah sebanyak enam kali atau lebih, Anda akan melihat pesan yang menyatakan salah satu pesan berikut:

  • iPhone dimatikan/disabled
  • iPad dimatikan/disabled
  • iPod touch dimatikan/disabled

Pesan menyatakan untuk mencoba lagi nanti:

Setelah terlalu sering mencoba, perangkat Anda akan menampilkan, “[Perangkat] dimatikan, hubungkan ke iTunes”.

Jika Anda sebelumnya telah menyelaraskan perangkat dengan iTunes

Anda akan dapat mengatur ulang kode sandi dengan memulihkan perangkat.

  1. Hubungkan perangkat ke komputer di mana Anda biasanya menyelaraskan dan membuka iTunes.
    Catatan: Jika iTunes meminta Anda untuk memasukkan kode sandi, coba komputer lain di mana Anda pernah menyelaraskan perangkat. Jika tidak, coba “Jika Anda belum pernah menyelaraskan perangkat dengan iTunes”, di bawah.
  2. Klik kanan perangkat di kolom sebelah kiri dan pilih Back up (Cadangkan).
  3. Setelah pencadangan selesai, pilih Restore (Pulihkan).
  4. Setelah selesai, pulihkan dari cadangan terbaru Anda.

Jika Anda belum pernah menyelaraskan perangkat dengan iTunes

Dengan menghubungkan perangkat, pesan kesalahan ini akan muncul: “iTunes tidak dapat terhubung ke [perangkat] karena perangkat dikunci dengan kode sandi. Anda harus memasukkan kode sandi di [perangkat] sebelum dapat digunakan dengan iTunes.”

  1. Putuskan sambungan kabel USB dari perangkat, tetapi biarkan ujung lain kabel tersambung ke port USB komputer.
  2. Mematikan perangkat: Tekan terus tombol Tidur/Bangun(sleep/wake) selama beberapa detik hingga penggeser berwarna merah muncul, kemudian geser penggeser tersebut. Tunggu perangkat hingga mati.
  3. Sambil menekan terus tombol Home, sambungkan kembali kabel USB ke perangkat. Perangkat akan nyala.
  4. Lanjutkan menekan terus tombol Home hingga Anda melihat layar “Hubungkan ke iTunes”. Jika layar ini muncul, lepaskan tombol Home.
  5. iTunes akan mengingatkan Anda bahwa iTunes telah mendeteksi perangkat dalam mode pemulihan. Klik OK (OKE), lalu klik Restore (Pulihkan) untuk memulihkan perangkat. (INGAT! Kemungkinan data akan hilang dan kembali ke pengaturan awal)

Jika Anda tidak memiliki akses ke komputer

Jika Anda menggunakan Cari iPhone Saya, Anda dapat menggunakan Penghapusan Remote untuk memulihkan perangkat. Jika Anda sudah menggunakan iCloud untuk mencadangkan, Anda akan dapat memulihkan cadangan terbaru untuk mengatur ulang kode sandi.

Informasi Lain

Lupa password memang menyebalkan, tapi semua bisa diperbaiki. Paling penting adalah, selalu BACKUP perangkat iOS anda, baik melalui iCloud atau langsung ke komputer. Hal itu menghindarkan Anda dari kehilangan data bila ada sesuatu.

Bila restore pun tidak menyelesaikan masalah, saatnya Anda harus berkunjung ke Sevice Center.