Playstation 3 Original!

Perkenalan dengan Playstation (PS) Original dimulai ketika Xbox dipinjam teman. Ternyata sepi juga ketika tidak ada mesin game dirumah. Karenanya pilihan untuk membeli mesin game baru selain xbox. Pilihan tersebut jatuh ke Playstation 3. Konsol game yang sudah dipengen dari dulu, namun terkendala dengan harga mesin dan gamenya. Namun, keinginan untuk bermain game secara online memantabkan pembelian ps3. Disini saya akan menjelaskan keunggulan menggunakan sebuah konsol original, khususnya Playstation 3.
playstaion 3

Ketika akan membeli PS3 pilihan menggunakan Original begitu kuat, namun godaan menggunakan versi Jailbreak (JB) malah datang dr pemilik toko, terutama untuk harga game yang murah. Harga konsol PS3 Ori Fat 80Gb adalah Rp.2,2jt, beda 1 juta dengan PS3 Ori Slim 160Gb yang Rp.3,2jt. Untuk sebuah konsol game, harga Fat tersebut termasuk murah. Bandingkan dengan PSP dan iPod Touch yang berharga sekitar RP.2,5jt. Konsol game yang bisa browsing,lihat foto, lihat video, menjalankan Bluray Film,dan tentunya bermain game berharga lebih murah.

Harga game Original sekitar Rp.300-500ribu berbanding dengan harga game JB yang sekitar Rp10-15ribu, tidak ada 10% nya! Lalu kenapa akhirnya pilih versi Original? Begini penjelasannya. Game pertama yang saya beli adalah Gran Turismo 5 (Game racing eksklusif PS3) dan Fifa 11 (Game sepakbola wajib).

gt5fifa 11

1. Selalu Update

Jika menggunakan JB maka game yang kita gunakan dr beli sampai bosan memainkannya sama. Namun ketika pakai Original ada update dari pembuat game tersebut untuk membuat gamenya lebih baik. Misal untuk GT5, update terakhir memungkinkan kita mengoperasikan mode managerial (Spek-B) melalui web based system di internet tanpa membuka PS nya. Dan untuk Fifa 11 adalah daftar pemain klub yang selalu update sesuai dengan daftar transfer terakhir. Tinggal update, contohnya Cassano sudah berada di klub AC Milan. Itu berlaku untuk seluruh klub, bayangkan jika kita harus manual untuk edit satu persatu.

2. Bermain Online

Hal yang menyenangkan dengan menggunakan Original adalah bisa bermain online. Hal yang biasa dilakukan bagi pemain PC dengan game onlinenya, bisa dilakukan di PS3. Pada GT5 dan Fifa 11 kita bisa bertanding dengan pemain lain di seluruh dunia bahkan dengan pemain yang tidak kita kenal. Bertanding dengan org yg tidak kita kenal merupakan pengalaman berbeda dalam bermain game, yang akhirnya membuat adik saya pun kecanduan.

3. Konten Eksklusif

Selanjutnya mendapatkan konten2 eksklusif yang hanya bisa didownload melalui konsol tersebut, yang biasa disebut DLC (Downloadable content). Mode-mode baru atau level baru bisa didapatkan dari suatu game. Untuk Fifa 11 misalnya ada DLC Fifa Ultimate Team, dimana kita bisa membuat tim sesuai keinginan kita yang akan ditandingkan dengan pemain lain seluruh dunia.

Menyenangkan bukan menggunakan Original? Oh iya, plus update dari konsol itu sendiri yang menambah performa. Keunggulan menggunakan Original kadang memang dikalahkan dengan harga game. Namun, keunggulan update masing-masing game membuat kita berasa memainkan suatu game tidak habis-habis, yang bisa dimainkan berbulan-bulan. Hal itu yang membuat membeli game original tidak terlalu boros, tidak seperti beli game JB yang kadang hanya dicoba sedikit lalu sudah bosan.

Maka, pakai original, dan rasakan sensasinya.


253 thoughts on “Playstation 3 Original!”

  1. amos says:

    gan numpang tanya saya punya ps3 super slim 250GB v 4.80 apa bisa di JB mohon bantuan ya ?

    1. user says:

      Mohon maaf untuk JB saya tidak paham

      1. ardana says:

        gan anak saya punya ps3 sonny yang tebal tiba-tiba suka mati kira apanya yang rusak

        1. devilpenakut says:

          Apakah PS3 nya di JB? Jika iya coba bawa ke tempat service.

Leave a Reply

%d bloggers like this: